Kembali ke Jakarta

Ke Jakarta aku akan kembali. Walaupun apa yang akan terjadi.

Kalimat pembuka barusan ialah sebuah potongan lirik lagu Koes Ploes, yang lagunya baru gue denger barusan. Ada yang tau lagunya, nggak? Nggak, ya? Payah. Hahaha.... Sama aja kayak gue. Baru tau sekarang. Tadinya gue iseng ngetik “Kembali ke Jakarta” di Google buat nyari gambar. Eh, malah keluar lagu itu. Bagus nggak keluar gambar cabe-cabean.

Maaf pembukaannya terlalu ngaco.

Yuhuuuu. Gue udah sampe Jakarta lagi nih. Cerita-cerita keseruan di Bandung-nya nanti aja kali, ya?
Selama 4 hari gue menikmati suasana kota Bandung, kini gue pun pulang ke Jakarta dengan pikiran yang segar. Sesegar udara Bandung di pagi hari. Caileh. (ceritanya masih kangen suasana Bandung)
Gue berangkat dari Bandung pada Kamis sekitar jam 9-an malem, dan tiba di Jakarta—rumah gue—pada hari Jumat, pukul 04.40.

Bukannya Bandung nggak begitu jauh, ya?


Lah, kok perjalanannya bisa lama banget, Yog?

Oke, biar lebih jelas. Mari simak cerita berikut ini.

Rencananya, sih, gue mau pulang dari Bandung pas hari Rabu. Karena Kamis-nya mau naruh lamaran di job fair. Eh, si Kiki—sahabat gue yang kuliah di Bandung—malah padet banget jadwal kuliahnya di hari itu. Mau nggak mau, rencana gue pulang pun batal. Ya, sebenernya setelah Kiki merayu-rayu gue kalo nanti Kamis pagi bakalan diajak ke tempat wisata di Bandung. Akhirnya, kepulangan gue harus diundur menjadi hari Kamis. Sial. Gampang banget gue kegoda sama tempat wisata.

Yang niat awalnya cuma nengokin sahabat, eh berubah jadi jalan-jalan. Budget yang sudah dipersiapkan cukup untuk makan 3 hari, malah menjadi 4 hari ditambah ke tempat wisata pula. 

Mampus. Semakin ngirit banget deh gue.

Apa yang terjadi memang tidak selalu sesuai dengan rencana.

Ya udahlah, yang penting Kamis sehabis salat Isya gue harus pulang ke Jakarta

***

Kamis pagi, gue beneran diajak jalan-jalan ke Hutan Juanda sampe sore hari. Lalu, Kamis jam setengah 7 malam, gue baru sampe kontrakan si Kiki. Gawat. Ternyata mepet banget waktunya. Mana kaki berasa mau copot karena habis menjelajahi hutan.
Saat sedang rebahan sambil menunggu kamar mandi kosong, Kiki (yang barusan habis mandi) menghampiri gue, “Jadi pulang sekarang lu?” tanyanya.

“Jadi, dong!” jawab gue mantap.
“Udah, sih, besok aja Jumat pulangnya. Daripada kecapekan gitu lu,” usul Kiki.
Duit gue udah tiris banget ini ya Allah. Ini udah tinggal buat ongkos pulang doang. Kalo pulangnya besok-besok lagi, gue mau makan apa? Batin gue.
“Ah, udah terlanjur bilang sama Nyokap kalo pulang hari ini.”
“Itu aja lu masih tidur-tiduran belum mandi.”
Gue pun langsung ngacir ke kamar mandi.

Selesai mandi dan siap-siap packing, si Kiki dan beberapa teman yang lain lagi sibuk ngerjain tugas. Begitu tugas kelar, gue juga disuruh nemenin dia nge-print. Sekitar jam 8-an yang seharusnya sudah ada di terminal bus, tetapi gue masih harus mengantar si Kiki ke kampus untuk menyerahkan tugas yang sudah mepet deadline.

Sekali lagi. Apa yang terjadi memang tidak selalu sesuai dengan rencana.

Setelah ngumpulin tugas kelar, kami berdua langsung menuju ke Terminal Leuwi Panjang.

***

Gue sampe di terminal sekitar pukul 21.15. Baru saja memasuki area terminal, ada bapak-bapak yang langsung merangkul gue dan bilang, “Mau ke mana, Dek?”
“Jakarta, Pak. Slipi,” jawab gue.
“Wah, ayo langsung aja naik, bentar lagi mau berangkat nih bisnya.”

Kiki menjabat tangan gue dan berkata, “Hati-hati lu, Coy.”
Gue hanya tersenyum dan segera naik bus.

Gue pun dengan bodohnya menaiki bus tersebut. Rasanya bagaikan terhipnotis oleh si Bapak.
Setelah naik, gue segera duduk di barisan tengah sebelah kiri yang kebetulan kosong. Dan tidak lupa untuk mengabarkan ke Nyokap kalau sedang dalam perjalanan pulang. Gue juga mengira-ngira akan sampe Jakarta jam berapa untuk minta jemput. Mengingat gue yang berangkat dari Jakarta-Bandung naik travel hanya 2,5 jam, palingan ini kalo semacet-macetnya juga 3-4 jam deh. Gue pun dengan sotoy bilang sekitar jam 12 kurang lebih. Karena udah malem dan weekdaypasti jalanan sepi.

Karena terlalu capek, gue langsung memejamkan mata dan membenamkan diri ke sandaran bangku bus. Ceritanya berusaha tidur dalam keadaan duduk.
Namun, semua tidak seperti yang gue perhitungkan. Gue yang masih setengah sadar, merasakan bus yang hanya diam di tempat. Gue membuka mata, kemudian melihat jam di tangan kanan. Sudah hampir setengah jam, tapi bus tidak jalan juga. Sampe sekitar jam 10-an bus ini juga belum berangkat.

Bapak-bapak yang bilang “Bentar lagi mau berangkat” rasanya pengin gue teriakin, “TUKANG NGIBUL LU KAMPRET!”

Beberapa penumpang mulai gelisah. Kalo nggak salah ada sekitar 3 penumpang yang turun dari bus. Gue tadinya juga mau ikutan turun karena kesel sama bus yang ngaret. Eh, pas gue perhatiin, orang yang tadi turun kemudian dirangkul oleh bapak-bapak—yang mungkin merangkul gue juga.
Anjir. Ini bapak-bapak keren banget. Hanya modal merangkul dan ngobrol sebentar, penumpang yang tadi turun langsung kembali ke tempat duduknya.
AJAIB!

Gue pun bimbang antara tetap duduk atau memilih turun. Karena penasaran, gue bertanya kepada mas-mas yang ada di kursi seberang, “Ini nanti turun Slipi kan, ya?”
“Iya, saya juga turun di Grogol, kok,” jawabnya.
Awalnya gue udah kecewa banget sama bus yang gue naiki ini. Nggak tau kenapa, gue pun enggan beranjak dari kursi yang telah gue duduki.

Itung-itung irit juga naik bus yang non-AC. Pikir gue.

Sedihnya lagi, gue nggak bisa mainan HP karena batere sisa 20%. Gue hanya bisa menunggu bus ini segera jalan. Gue mencoba SMS beberapa temen tentang harga bus non-AC, tapi nggak ada yang bales satu pun. Mau nggak mau, gue terpaksa ngecek di web. Harga yang non-AC hanyalah 50-60.

Alhamdulillah.

Setelah menunggu lagi sekitar 10 menitan , busnya pun jalan. Mas-mas yang tadi duduk di seberang tiba-tiba menghilang.
Tak lama setelah itu, sang kenek menghampiri gue sambil merapikan uang di tangannya, yang bermaksud untuk menagih ongkos bus.
“Sabaraha?” kata gue sok Sunda biar dimurahin.
“Tujuh puluh,” kata keneknya.
Trik gue gagal. Ini malah semakin mahal.

Iya serius, ini gue malah bayar 70 ribu, nambah goceng lagi gue bisa dapet fasilitas bus AC. Pengin turun aja rasanya. Tapi busnya udah mulai jalan. Gue juga belum tahu daerah Bandung. Dengan berat hati gue menyerahkan dua lembar uang kertas; Rp 50.000 dan Rp 20.000.

Tak begitu menghiraukan soal tarif bus, gue segera tidur.

***

Entah gue tidur berapa lama, kemudian terbangun karena ada suara gaduh. Gue kira udah sampe. Setelah melek, gue malah melihat bus yang gue naiki ini menyerempet warung di pinggiran jalan. Atap sebuah warung yang berupa seng nyangkut di kaca bagian belakang bus.

YA ALLAH, INI KENAPA BEGINI?

Gue melihat ke sebelah kiri, ada goresan panjang di kaca sebelah kiri gue. Alhamdulillah, kaca gue tertutup. Kalo nggak, mungkin gue udah terbangun dengan keadaan muka yang berdarah-darah. Amit-amit.
Tadinya pengin gue foto, tapi hape gue baterainya udah lemah. Jadi nggak bisa, kan, gue foto-foto tragedi ini.
Setelah mendengar obrolan beberapa penumpang, katanya bus ini memaksakan banting stir demi menghindari perbaikan jalan.

Setengah jam lebih berusaha melepaskan seng yang bikin ribet itu. Akhirnya busnya dapat jalan kembali. Gue pun nggak sengaja melihat sebuah MartAlfa yang di bawahnya bertuliskan “Cipanas”. Loh, ini mah jalur Puncak? Kok, nggak lewat tol? Kacau ini.

Awalnya gue emang udah curiga, kok jalanan di tol terlalu berkelok begini, deh? Bikin ngeri. Kenapa gue malah baru engeh saat di tengah jalan?

Melihat kaca belakang busnya yang bertuliskan “Bandung-Cianjur-Ciawi” gue reflek jerit-jerit dalam hati. MAMPUS GUEEEEHHH! SALAH NAEK BIS.

Ini mah bukan tujuan Jakarta. Ya, meskipun nantinya bakal ngelewatin beberapa daerah di Jakarta.
Mau turun, tapi udah bayar. Sayang juga, kan, uang 70 ribu.

Karena pusing dengan jalanan yang berkelok-kelok, gue pun langsung minum Antimo dan segera tidur lagi dengan pulas. Bodo amat soal salah naek bus. Yang penting nanti gue turun di Slipi. Gue pun kembali merem.
Namun, gue tetap nggak bisa nyenyak. Supirnya bawa mobil kayak orang kesetanan. Padahal jalanan Puncak ini berkelok-kelok. Parah. Nggak memedulikan keselamatan penumpangnya apa?
Gue hanya bisa mengucap, “SUPIR GILAAAAAA.“ dalam hati. Kemudian dilanjut istigfar dan dzikir dengan mata terpejam karena takut terjadi hal-hal yang buruk.

***
Nggak terasa gue ketiduran lagi.

“Dek, turun Slipi, kan?” tanya si Kenek sambil menepuk bahu gue. “Bentar lagi udah mau sampe.”
Gue melihat jam menunjukkan pukul 04.00. Buseh lama banget perjalanan gue.

Tau gitu, mendingan gue naik travel lagi deh. Setelat-telatnya juga jam 1. Gapapa beda 15 rebu, yang penting aman dan cepet sampe. Ah, tapi ya udahlah. Gue udah selamet ini sampe Jakarta. Meskipun ngaret sekitar 3 jam.

Setelah turun dari bus, gue pun menelepon Nyokap untuk minta jemput.

Begitulah perjalanan gue saat kembali ke Jakarta. Ah, hidup gue kayaknya aneh-aneh banget, ya? 

Astagfirullah. Entahlah. Ini kenapa hidup gue nggak ada benernya. Daripada gue pendem sendiri, ya, mending gue ceritain di blog. Siapa tau menghibur! Hahaha. Kalo nggak menghibur, maaf ya.

Akhirnya, home sweet home. Kembali ke rumah. Kembali ke Jakarta. Kembali ke kegelisahan hidup. Kembali mengetik di laptop kesayangan. Dan petualangan baru akan segera gue mulai.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk menunggu tulisan gue dan membacanya sampai habis.
Ada yang berubah sama tulisan gue nggak, sih? Nggak nulis hampir seminggu takutnya jadi aneh gitu. Hehehe.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment