Cara Membuat Curriculum Vitae Agar Dipanggil Untuk Wawancara

Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal dengan CV adalah gambaran mengenai diri seseorang yang akan melamar pekerjaan, tanpa CV yang baik akan gugur tahap pertama atau tahap seleksi administrasi. 

Oleh karena itu peran CV sangat penting dalam hal mencari pekerjaan, CV harus dibuat sarapi mungkin dan semenarik mungkin agar pihak HRD perusahaan member perhatian lebih dengan Anda.

Jika CV kamu terlihat biasa saja dan tidak menarik ataupun data dalam CV yang kamu buat tidak lengkap maka kemungkinan besar kamu tidak akan dipanggil untuk wawancara alias berkas lamaranmu diabaikan begitu saja, karena begitu banyak lamaran yang masuk ke perusahaan sedangkan karyawan yang akan direkrut hanya beberapa orang saja. 

Oleh karena itu kamu harus siap bersaing dengan ratusan orang dengan cara kamu harus tampil beda dengan pelamar lain.

CV Menarik agar dipanggil wawancara kerja


Berikut ada beberapa tip membuat CV agar terlihat menarik dan memberi pengaruh positif sehingga kesempatan kamu untuk dipanggil wawancara lebih besar.

1. Cantumkan Data Pribadi Kamu Dengan Lengkap
Data pribada dalam CV adalah data utama yang harus kamu berikan, data ini cukup penting mengingat seorang HRD ingin mengenal dirimu secara detail untuk mereka rekrut. Data-data pribadi yang harus kamu cantumkan antara lain : Nama, Tempat/Tgl Lahir, Alamat, Pendidikan terakhir, Asala sekolah/kampus, Email,  No HP. dan juga sertakan IPK kamu

2. Tuliskan Riwayat Pendidikan
Riwayat pendidikan bisa ditulis dari tingkat terendah sampai dengan tingkat tertinggi ataupun bisa juga dengan sebaliknya. Buatlah table riwayat pendidikan semeranik mungkin dengan mencantumkan nama Sekolah,Tahun Masuk, Tahun Lulus, dan jurusan yang diambil.

3. Cantumkan Riwayat Pekerjaan/Pengalaman Pekerjaan
Jika kamu sudah mempunyai pengalaman pekerjan jangan lupa dimasukkan juga ke CV mu, karena pengalaman pekerjaa dapat memberikan nilai plus bagi kamu. Misalnya kamu pernah bekerja di perusahaan A selama sekian tahun dengan posisi kamu sebagai Financial misalnya.

4. Sebutkan Pengalam Organisi
Jika kamu pernah mengikuti organisasi dikampus sebutkan saja organisasi apa yang pernah kamu ikuti, pengalaman organisasi dapat membuat kamu lebih aktif dalam dunia sosial dan kamu dianggap dapat bekerja sama dalam tim di sebuah perusahaan serta dapat menyelesaikan masalah bersama jika menemukan masalah.

5. Sebutkan Kompetensi dan Hobi
Sebutkan apa kelebihanmu yang dapat menunjang pekerjaan yang kamu lamar, misalnya kamu lamar pekerjaan di bidang administrasi dan umum maka jika kamu punya kemampuan mengetik 10 jari dengan kecepatan standar ataupun di atas standar maka sebutkan saja. Dan juga sebutkan apa hobimu karena hobi dapat memberikan gambaran umum tentang dirimu.

6. Buat tampilan CV Lebih menarik dan mudah dilihat
Buatlah desain CV kamu dengan sangat menarik dan tata letak yang menarik pula agar mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Dengan CV yang menarik dan mudah di pahami maka pihak perusahaan akan memasukkan nama kamu dalam daftar pelamar yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya yaitu ikut ujian psikotes ataupun tes wawancara.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment