Bagi Kamu Yang Belum Bekerja, Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Merepotkan Orang Tua

Bekerja adalah dambaan setiap orang yang baru lulus menjadi sarjana muda, walaupun tidak semua orang ingin jadi pekerja karena ada juga orang yang ingin jadi pengusaha setelah lulus kuliah. Tapi sebagian besar orang tetap ingin mendapatkan pekerja atau minimal punya aktivitas yang dapat mendatangkan penghasilan.

Bagi kamu sarjana muda yang baru lulus S1 ataupun baru lulus D3 dan sudah melamar pekerjaan tapi belum beruntung alias belum ada jebol pasti kamu galau dan tidak punya pemasukan, statusmu adalah seoranga pengangguran.

Walaupun kamu seorang pengangguran, kamu tidak boleh merepotkan orang tua lagi yang sudah menghabiskan banyak biaya buat kamu kuliah. Untuk itu disini akan saya berikan 5 tips supaya kamu tidak merepotkan orang tuamu walaupun kamu masih menganggur.

Image via: pixabay.com

1. Isi waktu luangmu untuk membantu orang dengan melancarkan segala aktivitasnya
Untuk membahagiakan orang tua ada banyak cara yang bisa dilakukan, tidak musti harus menunggu kaya. Bantu orang tua untuk meringankan bebannya akan sangat menyenangkan bagi mereka.

Jika orang tuamu seorang pedagang, bantulah mereka berdagang sehingga pekerjaan mereka menjadi lebih ringan. Mengingat orang tua yang sudah menghabiskan puluhan bahkan sampe ratusan juta biat biaya kuliahmu. Sambil membantu orang tua kamu juga terus mencari pekerjaan dan mengasah kemampuan.

Kamu juga mulai belajar untuk mandiri, mulai menghadapi persoalan-persolan yang timbul secara mandiri, misalnya persoalan keuangan, usahakan bagaimana caranya agar mendapatkan penghasilan walaupun bukan penghasilan tetap tapi kamu tidak lagi meminta uang pada orang tuamu.

2. Kamu yang masih menganggur dan punya banyak waktu, janganlah bermalas-malasan
Hilangkan rasa malasmu, buatlah dirimu berguna bagi orang tuamu. Betapa besarnya pengorbanan mereka kepadamu. Sayangi mereka selagi mereka masih ada, bangun pagi lebih cepat dan kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan.

Walaupun kamu sudah sarjana, jangan sungkan-sungkan untuk membersihkan kamarmu dan lingkungan rumahmya. Hal-hal kecil saja yang kamu lakukan dapat membahagiakan hati mereka apalagi kamu lakukan hal-hal besar.

3.  Kamu harus sadar, karena kamu belum punya penghasilan jangan sekali-kali minta uang sama orang tua utuk bersenang-senang
Cari uang begitu sulit, hargai kerja keras orang tuamu. Jangan meminta uang kepada orang tua hanya untuk berfoya-foya dan berhura-hura. Karena orang tuamu juga juga begiti banyak keperluan lain yang perlu di belanjakan. Walaupun orang tuamu banyak uang tapi rasanya tidak pantas kalau kamu minta uang dan menggunakan untuk hal yang tidak berguna.

4.  Jika kamu hobi belanja online, mohon bersabar untuk tidak belanja barang- barang yang dirasa kurang perlu
Utamakan dulu mencari pekerjaan daripada mencari barang-barang di took online, karena kamu masih bergantung pada orang tua. Syukurlah karna orang tuamu sanggup memberimu makan 3x sehari, untuk urusan belanja silakan kalau kamu sudah bekerja dan punya penghasilan sendiri.

5. Manfaatkan waktu luangmu untuk mencari lowongan pekerjaan
Rajin-rajinlah mencari iklan lowongan pekerjaan baik yang ada di internet maupun di media cetak seperti koran, jika ada lowongan yang cocok dengan criteria kamu langsung saja melamar. Dan kamu harus jeli juga dalam melihat iklan lowongan kerja yang ada di internet agar tidak tertipu.

Ingat apapun pekerjaan yang kamu lamar tidak pernah di pungut biaya, jika ada lowongan pekerjaan yang memungut sejumlah biaya berati lowongan kerja tersebut palsu dan tidak usah kamu lamar.

Mulai detik ini juga, hilangkan rasa malasmu apalagi menyibukkan diri dengan media sosial yang tidak manfaatnya, gunakan saja internet untuk mencari lowongan pekerjaan dan menambah wawasan.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment