5 Tool SEO Video Youtube Wajib Digunakan Sebelum Video Dipublikasikan

Umumnya bagian paling banyak terlihat dalam daftar pencarian video adalah video thumbnail. Namun, perlu diketahui juga di sini bahwa "video thumbnail" ini bukanlah satu-satunya elemen yang dapat membuat  visibilitas video terlihat lebih menonjol di hasil pencarian.

5 Tool SEO Video Youtube Wajib Digunakan Sebelum Video Dipublikasikan

Ini karena ketika pengguna melakukan pencarian video di Youtube pertama sekali yang diperhatikan oleh kebanyakan mereka adalah judul video. Dengan judul pengguna lebih mudah melakukan pencarian yang lebih relevan, termasuk juga di dalamnya deskripsi video itu sendiri.

Judul dan deskripsi video ini merupakan elemen terpenting untuk pencarian video di Youtube, ditambah lagi dalam kaitannya dengan algoritma Google untuk menampilkan related video (video terkait) di hasil pencarian. Untuk alasan inilah, sangat disarankan mengoptimalkan judul dan deskripsi video semaksimal mungkin. Di sinilah celah terbaik yang dapat dimanfaatkan setiap publisher video untuk menyajikan video mereka kepada audience yang lebih bertarget di hasil pencarian.

Video Youtube juga memiliki peringkat yang sangat baik di Hasil Pencarian Universal Google (Google's Universal Search Result) khususnya untuk queri "how-to",   dalam hal ini untuk kategori pengguna yang lebih tertarik dengan video-video berjenis tutorial, jelas, sangat relevan jika judul dan deskripsi telah dioptimasi dengan baik, akan tetap membuat visibilitas video lebih menonjol kepada pengguna yang mana tentunya akan mengarahkan mereka untuk mengklik dan menonton video Anda.

Ambil contoh sebagaimana terlihat di bawah ini. Key term pencarian yang digunakan adalah "how to play drum" dan hasilnya judul video akan dicetak lebih terang dan tebal, akan memudahkan pengguna untuk melihat dengan jelas sepintas relevansi video yang dicari serta deskripsi video tersebut.

Hasil pencarian video dengan kata kunci "how to play drum"


Melakukan research terhadap para pesaing dan menempatkan beberapa kata kunci dasar akan meningkatkan view dan visibilitas channel Anda di hasil pencarian. Berikut 5 Tool SEO video Youtube mencakup research terhadap apa yang sedang trend di pencarian, tool SEO video Youtube serta teknik yang sangat berguna untuk penerapan SEO Video dan Youtube Marketing:

1. Youtube Search Filter. Memahami apa yang sedang berlaku

Setiap kali Anda akan membuat video baru di Youtube sangat disarankan untuk melakukan research terlebih dahulu. Cari video yang relevan dengan proyek Anda. Pelajari apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor sebelum Anda menjadi bagian dari rutinitas tersebut. Demikian juga dalam proses pembuatan video nantinya sangat disarankan melakukan pencarian video di Youtube hingga beberapa kali. Pelajari bagaimana kompetitor mendesain thumbnail video mereka, pembuatan channel, pemberian judul video serta deskripsinya.

Ada beberapa opsi filter yang dapat dimanfaatkan di pencarian video Youtube, salah satunya adalah "Sort by uloaded date" untuk melihat video-video yang baru diupload. Pencarian berdasarkan rating juga merupakan opsi yang sangat penting untuk mengetahui reaksi positif audience terhadap video yang mereka tonton. Demikian halnya dengan opsi filter berdasarkan channel, untuk mengetahui lebih banyak kompetitor pada suatu topik video.

Sebenarnya ada banyak opsi yang dapat dimanfaatkan untuk pencarian video selain yang telah dijelaskan di atas seperti terlihat dalam gambar berikut:

Youtube search filter
Youtube search filter

2. Keyword Tool Youtube: Long Tail Keyword

Keyword Tool Youtube. Menggunakan frasa kunci yang lebih spesifik adalah cara yang baik untuk memperoleh informasi peringkat untuk kata kunci yang kurang kompetitif, dengan demikian akan mudah bagi siapa saja untuk mengarahkan lalu lintas alami yang sangat bertarget ke video yang dipublikasikan. Video Auto Suggest akan mengembalikan hasil dan saran pencarian yang sangat  membantu untuk menentukan kata kunci, channel, judul dan deskripsi video.

Ketik istilah pencarian di kolom pencarian YouTube dan Anda akan melihat istilah pencarian paling populer yang pernah diketik oleh siapa saja untuk frasa tersebut. Ini adalah sumber daya luar biasa untuk mengetahui informasi kata kunci paling sesuai untuk video Anda, karena dengan fitur ini Anda akan mengetahui apa yang paling cenderung dicari orang untuk video di Youtube.

YouTube Search Auto-Suggest
YouTube Search Auto-Suggest

3. SerpStats: Mencari pertanyaan yang bisa kita jawab

Untuk apa? Lihat ulasan berikut ini...

SerpStats adalah tool seo untuk reseach kata kunci yang bekerja berdasarkan kepada Google Suggest namun agak sedikit berbeda. Di sini kita dapat melakukan penelitian untuk frasa yang lebih efektif, mengetahui satu kata dasar dan akan menghasilkan lebih banyak saran kata kunci berdasarkan kepada Google Auto Suggest di berbagai negara.

SerpStats Mencari pertanyaan yang bisa kita jawab
Pengunaan tool SEO Serpstats

Tool ini menggunakan algoritma terpisah yang dapat kita gunakan untuk mencari dan menyaring pertanyaan interogatif yang cenderung dilakukan orang dalam mengetik frasa ke dalam kotak pencarian. Ini adalah fitur sangat berguna untuk mengetahui bagaimana kecenderungan orang mengetik frasa dalam menemukan jawaban atas masalah mereka yang mungkin jawabannya ada dalam benak Anda. Bukankah ini merupakan sumber inspirasi terbesar untuk perencanaan proyek video Anda berikutnya?

4. Google Plus /Explore: Research untuk Related Concepts dan Trend

/Explore dari Google Plus dapat dijadikan sebagai tool favorit untuk research kata kunci terkait dan yang sedang ngetrend saat ini. Tool ini memberikan sumber kata kunci yang sangat up to date yang dapat memberikan inspirasi bagi kita untuk memahami lebih baik tentang beberapa hal berikut ini:

  • Istilah dasar untuk konsep video terkait Anda; dapat dimanfaatkan untuk membuat penelitian kata kunci yang lebih luas untuk konten video yang lebih kaya. 
  • User-Generated Hastag; yang biasanya memiliki keterkaitan dengan istilah dasar video Anda.
  • Trend Relevan yang sedang hot; trend frasa kata kunci yang sedang hot untuk waktu-waktu tertentu yang cenderung memiliki keterkaitan dengan istilah dasar Anda.

Poin ke tiga ini sangat penting dan tak ternilai harganya. Dengan fitur ini Anda dapat menargetkan frasa kata kunci sensitif yang sedang trend untuk waktu-waktu tertentu untuk judul dan deskripsi video. Kita dapat mencari dan menemukan lebih banyak celah yang dapat dimanfaatkan untuk publikasi video lebih bertarget.

Google Plus Explore
Google Plus Explore

Biasanya sebuah tren hashtag yang sangat spesifik digunakan dalam judul video akan membantu mendapatkan lebih banyak eksposur di media sosial, terutama Twitter, karena judul video YouTube sebagian besar digunakan untuk dijadikan tweet.

Di sini kita hanya akan menggunakan sepotong frasa kunci "drum". Namun disarankan gunakan frasa yang lebih detil jika menggunakan bagian /Explore untuk hastags di Google Plus agar lebih efektif dalam mempublikasi konten Anda.

5. Cyfe:Untuk Content Monitoring dan Pengarsipan Hasil Pencarian

Cyfe dapat dimanfaatkan untuk memantau dan mengarsipkan hasil pencarian dari berbagai sumber pada satu halaman dashboard seperti kata kunci youtube yang meliputi sebagai berikut:
  • Referensi hasil pencarian Twitter, untuk pencarian video Youtube termasuk kata kunci
  • Referensi Hasil pencarian Google Plus, untuk pencarian video Youtube  termasuk kata kunci
  • Variasi berbeda dari ke dua poin di atas untuk penggunaan hashtag yang lebih relevan 

Sebaiknya periksa dashboard Anda di Cyfe setiap kali merencanakan video berikutnya dan sebelum mempublikasikan video di Youtube. Hal ini penting untuk memudahkan untuk memperoleh ide tentang konteks dan relasi yang sesuai dengan video tersebut.

Lihat juga Memantau Setiap Perubahan Algoritma Google Real Time
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment