Sadar

Habis baca tulisan Adi, seru juga ya nyeritain beberapa masalah ke dalam bentuk tulisan random dan nggak jelas. Gue juga sebenernya bingung mau bikin tulisan apa. Gue ngerasa semuanya saling tumpuk gitu. Terlalu banyak hal yang mengganggu pikiran dan bikin nggak fokus.

Makasih, Di. Tulisanmu menginspirasi gue.

Gue juga bakalan nulis yang nggak jelas (kayaknya semua tulisan gue nggak jelas, ya?).

Bodo amatlah.

Langsung aja!
Dua bulan belakangan ini gue mulai bosen hidup. Oiya, itu bukan pengin mati. Bukan! Ngerasain kawin aja belom. Hehe. Maksudnya, gue sadar akan hidup gue yang terlalu banyak santainya (dibaca: males-malesan). Intinya, sih, gue bosen sama kehidupan yang gini-gini aja.

Gue udah nggak pernah melihat kalender lagi. Soalnya setiap hari itu libur, kecuali hari Sabtu. Kebanyakan libur, gue malah nggak ngelakuin kegiatan apa-apa yang bermanfaat. Payah banget nih. Kalo dihitung, ternyata udah lebih dari 1 semester gue nganggur, ya. Gue malah keasyikan nge-blog. Gue terlalu memprioritaskan dunia maya. Sampe-sampe gue lupa kalo ada banyak masalah di kehidupan nyata.

"Kerjaan gimana, Yog? Lu udah dapet?" tanya temen gue.
"Kerja itu apa, ya?" jawab gue sok bodoh.

Ah, kelamaan nganggur jadi terbiasa untuk nggak nyari kerja lagi, kan. Setiap bulan pengeluaran mulu. Nggak ada pemasukan. Nggak enak banget! Padahal, gue sempet nulis Berbagai Pertanyaan yang maksudnya buat dibaca-baca lagi dan memotivasi diri gue sendiri. Eh, tetep aja kebiasaan nganggur.

Namun, ada hikmahnya juga selama gue nganggur:

Satu. Gue bisa belajar tentang penulisan. Dulu nggak ngerti sama sekali soal EYD. Sekarang udah bisa bedain mana 'di' yang kata prefiks (kata awalan) dan 'di' yang preposisi (kata depan). Meskipun itu terlihat cemen dan suka diremehkan, seenggaknya masih banyak orang yang suka menyepelekan itu dan malah salah. Kalo gue mah udah lumayan paham. Asyek. Songongnya mulai keluar. 

Dua. Gue belajar lebih hemat dan tidak konsumtif. Pas masih kerja, gue boros banget. Gampang kepengin sama jajanan. Ada tukang bakso lewat, langsung gue panggil dan berhentiin. Abangnya nengok dan berhenti, gue langsung masuk lagi ke rumah. Abangnya kesel karena gue kerjain. Padahal gue cuma ngambil mangkok. Si kampret malah jalan. Panggil lagi tuh abangnya, dia pun berhenti. Gue samperin terus balik lagi ke rumah... duitnya ketinggalan.

Begitu di rumah, Nyokap berkata, "Bagus. Ada sayur malah beli bakso. Besok gitu lagi, ya. Biar Ibu nggak usah masak."

Ah, iya. Masakan Nyokap jadi jarang dimakan. Sampe kadang Nyokap males banget buat masakin kami sekeluarga. Sekarang, gue selalu makan masakan Nyokap. Selain gratis dan bisa nambah, kebersihannya juga terjamin. Hoho.

Hm... terutama, sih, gue jadi lebih deket sama keluarga. Gue yang dulunya sering main dan menghabiskan waktu sama temen-temen dan pacar. Kali ini, gue berikan hampir seluruhnya untuk orangtua. Seru juga denger curhatan-curhatannya. Salah satunya Nyokap bilang kalo dagangan sekarang lagi sepi. Emang di mana-mana lagi krisis juga, sih.

Terus akhirnya gantian gue yang cerita... eh, Nyokap malah tidur. Nggak taunya gue cerita tentang si Kancil Anak Nakal yang Suka Mencuri Timun. Kenapa gue malah ngedongeng? Ah, pantes aja Nyokap tidur! (oke, ini garing). Karena Nyokap tidur (tentunya karena kecapekan bukan karena dongeng si Kancil itu), gue pun cerita sama Bokap. Gue curahkan isi hati gue yang terlalu banyak ketakutan dalam menjalani hidup. Gue jadi bingung sama diri gue sendiri. Ini kenapa gue jadi lemah gini?

Bokap pun malah mengungkit kenapa gue dulu memilih resign. Padahal gue itu belum dapet kerjaan baru atau pengganti yang lama. Banyak juga temen yang bilang, "Lagian, dibilang pertahanin dulu aja itu kerjaan. Susah, kan, dapet yang Sabtu-Minggu libur."

Mengingat hal itu, gue jadi sadar. Yang tadinya selalu berani memutuskan sesuatu. Entah, ini kenapa gue jadi takut-takutan gini. Terus mereka juga berkata, "Nyesel kan lu!". Namun, gue nggak pernah menyesal atas pilihan gue setahun yang lalu itu. Lagian setiap keputusan pasti ada risikonya. Pasti ada konsekuensinya.

And last but not least. Gue juga sadar kalo selama nulis blog cuma kebanyakan duduk-duduk aja dan di rumah terus. Kurang olahraga, juga kurang liburan. Ah, gue mau menghilang dulu sejenak, deh. Mau membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Gue mau balik lagi ke Yoga yang tetep santai, tapi nggak berarti males-malesan. Yang aktif dunia maya, tetapi nggak terlalu memprioritaskannya. Sehingga tidak melupakan kehidupan nyata yang lebih penting.

Serius nih, kayaknya mau menghilang dulu ini deh dari dunia blogging. Jenuh juga di Jakarta. Mau nyoba liburan ke Bandung.

Bukannya bokek, Yog? Ini kok, liburan? Haha.

Maaf ralat. Bukan liburan, tapi main doang ke kontrakan sahabat gue yang kuliah di Telkom. Kangen juga ama sohib gue ini. Masa dia mulu yang ke Jakarta, sesekali gantian gue yang ke Bandung.

Oiya, menurut gue, hidup itu jangan dibawa ribet. Kalo kangen sama orang, ya tinggal temuin atau hubungin aja. Pengin kenalan sama orang baru, ya kenalan aja. Nggak usah gengsi. Hehe. Ah, ini ngapa malah nggak nyambung? Namanya juga tulisan nggak jelas. Muahaha. Sebenernya nyambung, sih. Gue lagi kangen sohib gue, Kiki. Udah lama nggak kontakan. Entah kami sama-sama sibuk atau malu buat hubungin duluan. Maka dari itu, gue yang sadar akan pentingnya komunikasi agar pertemanan ini tetap terjaga pun segera menghubunginya dan main ke Bandung.

Ya udah, mau siap-siap menikmati suasana Bandung dulu nih. Sepulang dari Bandung baru deh memperbaiki hidup yang sudah keterlaluan males itu. Gue juga bakal cari kerja sampe dapet. Ah, pokoknya kerja apa aja deh (freelance juga gapapa) yang penting gue bisa dapet penghasilan, tentunya yang halal.

Sampai jumpa teman-teman!

PS: Tulisan ini awalnya diketik dari hape pada Minggu malam saat naik travel dari Jakarta ke Bandung. Lalu minjem laptop temen buat ngeditnya begitu sampai di Bandung.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment