Fitur baru dari Ahrefs yang akan melengkapi data perkembangan website kamu

Tampilan hompage ahrefs

Fitur baru dari Ahrefs yang akan melengkapi data perkembangan website kamu - Assalamualaikum sahabat kizeh , kali ini kita akan membahas salah satu situs SEO yang kita kenal dengan ahrefs .

Ahrefs adalah website tools SEO yang sangat powerfull karena fitur yang diberikan sangat bagus dan lengkap . Fitur dari Ahrefs yang paling saya sukai yaitu kita melihat backlink orang lain secara full , namun untuk bisa melihat secara full kita harus menjadi premium walaupun ketika menjadi member free kita bisa melihatnya juga tapi untuk jumlah yang terbatas .

Tapi disini kizeh tidak akan membahas tentang fitur penglihat backlink mereka tapi fitur baru yang mereka buat yang mereka namai position explorer . 

Sebenarnya ada 2 fitur baru yang dikeluarkan ahrefs yaitu  position explorer dan keyword exploere , untuk yang keyword explorer akan kizeh jelaskan sekilasnya saja nanti .

Sebelumnya kizeh mengingatkan , sebaiknya kita mendaftar dahulu pada ahrefs walaupun menjadi member free , karena dengan menjadi member free kita bisa menggunakan fitur ahref sepuasnya walaupun dengan keterbatasan akses dan itu lumayan dibandingkan jika kita tidak memnjadi member yang hanya bisa menggunakan fitur dari ahrefs untuk 1 kali pemakaian saja .

Setelah terdaftar , kita bisa langsung mencobakan fitur terbaru ahrefs yaitu position checker dengan cara berikut ini :

Cara menggunakan position explorer

1. Pertama kita klik pada menu bar , yaitu tepatnya pada menu position explorer yang masih di labeli new oleh pihak ahrefs . Setelah itu masukan domain yang ingin kita cek perkembangannya , contohnya website kamu .


Position explorer


2. Pada menu sebelah kiri dari layar , kita bisa mendapati menu menu yang dikeluarkan untuk hasil data yang lebih spesifit , kamu bisa mencobanya satu satu .


Sidebar






Keterangan :

Overview : Gambaran umum untuk perkembangan website
Organic keywords : Keywords yang terdapat pada website tersebut , diawali darai keyword terpopuler
Recent changes : Perubahan keywords dari waktu ke waktu
Top pages : Halaman paling populer pada website
Paid keywords : Keywords yang dibayar seperti AdWords
Ads : Iklan seperti Google AdWords
Top pages ( PPC research ) : Halaman paling populer dari hasil iklan di Google AdWords

3. Dibagian overview kita juga bisa melihat siapa saja sih kompetitor kita dalam ngeblog sesuai jenis blog yang kita punya . Keuntungannya kita bisa melihat backlink mereka masing masing , itupun juga masih menggunkaan fitur dari ahrefs jadi kita tidak perlu ke website lain .


Daftar kompetitor


4 . Terakhir kita bisa melihat secara visualiasi dengan traffik yang sangat membantu kita meneliti dengan cepat . Terdapat organic traffic dan organic keyword sebagai kategorinya .


Trafik perkembangan website

Keterangan :

Organic traffic : Trafik yang dihasilkan dari pencarian organic ( search engine )
Organic keywords : Jumlah kueri pencarian yang dihasilkan

Kesimpulan 

Dengan fitur yang sebenarnya kita bisa dapatkan dengan gratis maka tidak ada alasan kita untuk mengeluh seperti , wah untuk menjadi praktisi SEO harus banyak tools . Walaupun memang.. untuk gratis kita tidak bisa menuntut lebih untuk fitur yang lebih lengkap , karena kita memang harus membayar untuk bisa mendapatkan informasi yang sangat detail , tapi free cukup kok .

Jangan biarkan teman anda kudet terhadap informasi SEO yang sebenarnya bisa mereka terapkan dengan share artikel ini , share kamu sangat berarti bagi blog ini . 

Terima kasih

Gambar  : Ahrefs official
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment