Aktivitas hacking meningkat 180% , Google memberikan tips ini

#nohacked

Aktivitas hacking meningkat 180% , Google memberikan tips ini - Assalamualaikum sahabat kizeh , kali ini kita akan membahas tentang hacking-hackingan , yaa berita ini disampikan oleh Google karena aktivitas hacking sedang meningkat hingga 180% .

Meningkatnya aktivitas hacking ini membuat Google ingin membantu para pemilik website dengan memberi tips agar website mereka tidak mudah di hack . Gerakan ini dinamai oleh Google sebagai #NoHacked .

Mungkin tips tips yang diberi Google ini akan memberi wawasan sahabat agar bisa memproteksi website sahabat sendiri dan tidak mudah di hack yang dimana pasti akan sangat merugikan .

Tips untuk menangkal serangan Hacker by Google 

1. Perkuat pertahanan sistem akun anda 

Cobalah untuk membuat password yang sangat sulit untuk ditebak , itu akan membuat akun sahabat sangat sulit untuk di crack atau hack . Sebisanya untuk membuat password yang memiliki kombinasi angka , huruf dan karakter khusus ( #@$%#* ) .

Semakin panjang password sahabat akan semakin sudah untuk di tebak . Banyak sekali aplikasi online yang bisa digunakan untuk melakukan kekuatan dari password sahabat , kizeh bisa menyarankan kesini .

2. Perkuat software dari website anda 

Salah satu cara yang sering dilakukan hacker untuk menterobos website sahabat yaitu melalui software pendukung dari website kamu . Pastikan software yang digunakan oleh website kamu sudah diupdate terutama pada celah celah yang memungkinkan untuk diterobos .

Jika sahabat menggunakan server web seperti apache , nginx atau software web server lainnya , pastikan web server sahabat tersebut sudah di update dan berada pada versi terbaru dan semua  . Jika sahabat menggunakan CMS seperti wordpress , joomla atau add-ons plugin lainnya juga pastikan CMS yang sahabat pakai sudah berada pada versi terbarunya .

Mungkin sedikit kelebihan yang memakai CMS blogger dimana kita tidak perlu update secara manual , CMS blogger akan update terus ketika kita menggunakannya .

3. Pilih hosting yang sangat responsif terhadap masalah hacking / proteksi . 

Ini bisa dan harus sahabat lakukan ketika sahabat memilih sebuah hosting untuk website sahabat . Selain mempertimbangkan harga dan disk space yang diberikan , melihat bagaimana hosting tersebut sangat peduli dan bagaimana penyedia hosting tersebut dapat membantu memproteksi website sahabat sangatlah penting .

Sahabat juga bisa melihat testimoni pelanggan lain  , bagaimana penyedia hosting tersebut membantu mereka dalam masalah proteksi akan website mereka .

4. Gunakan Google Tools untuk terus memonitor kegiatan aneh pada website kamu 

Kegiatan aneh disini maksudnya yaitu kegiatan seperti usaha untuk mengehack atau mengecrack website sahabat . Dengan menggunakan Google tools , tools tersebut akan terus melihat keadaan website sahabat dan ketika adanya masalah akan langsung memberi tahu sahabat .

Pihak Google menyarankan untuk mendaftar pada Google Search console . Google Search Console adalah jembatan dimana Google bisa memberikan informasi seputar informasi website sahabat termasuk tentang aktivitas hacking .

Kesimpulan 

Usaha untuk melindungi website sendiri dari aktivitas serangan hack adalah tindakan wajib yang harus dilakukan karena akan sangat merugikan sekali data-data ataupun website kita itu malah berpindah tangan ke orang lain .

Tidak perlu kita apakah programmer atau orang yang udik akan komputer tapi kita bisa melakukan hal hal kecil yang mungkin bisa mempersulit para penjahat hacker atau cracker yang ingin menganggu website kita . Menurut saya tips yang diberika Google diatas sangatlah simpel dan bisa dilakukan oleh siapapun .

Terima kasih

Gambar : Google webmaster official

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment