GagasMedia, Dua Belas, dan Terus Bergegas

Bismillah.



Sebelumnya, gue ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-12 untuk GagasMedia! Semoga makin kece dan terus oke. Aamiin. Nah, dalam rangka ulang tahun yang ke-12, GagasMedia mengadakan event, yaitu  memberikan "KADO UNTUK BLOGGER".

Oleh karena itu, gue sebagai blogger pun ikut berpartisipasi dalam event ini. Caranya gampang banget, tinggal jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.



Oke, langsung saja. 

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!


1.       5cm – Donny Dhirgantoro
2.       Filosofi Kopi – Dewi ‘dee’ Lestari
3.       Perahu Kertas – Dewi ‘dee’ Lestari
4.       Tenggelamnya Kapal van der Wijck – Hamka
5.       Jomblo – Adhitya Mulya
6.       Sabtu Bersama Bapak – Adhitya Mulya
7.       Cinta Brontosaurus – Raditya Dika
8.       Marmut Merah Jambu – Raditya Dika
9.       Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika
10.   Koala Kumal – Raditya Dika
11.   Skripshit – Alitt Susanto
12.   Relationshit – Alitt Susanto

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?

Skripshit.

Karena di dalam buku itu ada bab yang berjudul Life is a Journey dan Sebuah Awal Episode Kedua. Di bab itu, gue refleks meneteskan air mata. Entah kenapa, tulisan itu penuh dengan perasaan. Gue nggak bisa bayangin gimana rasanya hidup dari kecil yang kurang atau jarang mendapat perhatian dari seorang ibu. Demi mendapatkan perhatian, tokoh Alitt pada zaman SMA bersekolah di STM. Ia menjadi anak yang nakal, pribadi nyeleneh, pemberontak. Pokoknya semua itu ia lakukan semata-mata demi mendapatkan sedikit perhatian dari orangtuanya.

Akibat kenakalannya sendiri, ia akhirnya ditegur oleh Tuhan. Tokoh Alitt kecelakaan, wajahnya cidera, apalagi di bagian matanya. Di masa itu, Alitt benar-benar menyesal akan perbuatannya. Gara-gara ulahnya, keluarganya harus mengeluarkan banyak biaya untuk operasi. Ibunya sampai berhutang ke tetangga dan menjual beberapa harta yang dimiliki. Namun, semua kejadian itu membuat Alitt sadar. Alitt akhirnya paham, mungkin itu cara Tuhan mendidiknya. Ia pun bangkit dan berusaha menjadi manusia yang lebih berguna.

Setelah membaca buku Skripshit, gue pun mendapatkan sebuah pelajaran berharga yang bisa dipetik.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

“Percayalah kawan, hidup itu terlalu singkat untuk diisi dengan penyesalan. Belajarlah dari masa lalu, karena di sanalah Tuhan memberikan banyak contekan untuk menghadapi ujian di masa depan.” – Skripshit, di bab Sebuah Awal Episode Kedua, Alitt Susanto.

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya.

Tokoh Kugy di buku Perahu Kertas.

Kugy adalah tokoh yang simpel, gue suka banget sama cewek yang simpel. Lalu, dia juga aneh, nggak tau kenapa gue suka aja sama orang yang aneh-aneh, soalnya beda gitu. Suka nulis, imajinasinya juga tinggi banget. Tentunya, dia juga orang yang baik. Ya, kayaknya cocok aja gitu sama kepribadian gue yang aneh juga. Hehehe.

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!

Sabtu Bersama Bapak.

Di akhir cerita, tokoh Cakra akhirnya menikah dengan wanita yang ibunya jodohkan. Yang nggak tahunya  adalah teman kantor yang memang sudah Cakra suka. Asli, itu twist banget buat gue. Tokoh Satya mulai berubah kepribadiannya, ia menjadi suami yang lebih baik untuk istrinya, dan bapak yang berusaha selalu ada untuk anak-anaknya. Ibu Itje operasinya berjalan dengan lancar, dan tetap hidup. Cerita ini happy ending.  Apalagi ada tambahan di epilog, mereka bertiga menonton rekaman video saat-saat terakhir bersama bapak. Pokoknya, ending novel yang bener-bener berkesan buat gue.

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?

Jomblo karya Adhitya Mulya.

Karena waktu itu kebetulan gue jomblo, kalo nggak salah pas gue masih kelas 1 SMA. Lagi iseng-iseng ke Gramedia, terus lihat buku yang judulnya singkat banget, “Jomblo”. Karena penasaran, ya gue lihat dulu buku itu. Akhirnya, gue baca ringkasan cerita atau blurb di halaman belakang, eh itu bercerita tentang 4 sahabat yang tentunya jomblo dengan masalah mereka dalam mencari cinta. Kayaknya pas banget sama kondisi gue dan temen-temen gue yang kebetulan sahabatan berempat. Maka, gue putuskan untuk membeli buku itu. Setelah gue baca, bukunya keren banget, ending-nya juga mantep.


7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?

Manusia Setengah Salmon.

Buku-bukunya Raditya Dika itu selalu bikin gue penasaran. Iya, judul bukunya yang selalu bertema binatang. Nah, waktu itu, gue semakin penasaran sama judul yang Manusia Setengah Salmon. Ada-ada aja ngasih judul seperti itu. Ternyata buku ini tentang perpindahan, dari mulai pindah rumah, sampai pindah hati. Menarik banget isi buku dan judulnya. Kayaknya itu aja, deh.

8. Sekarang lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?

Kalo cover, gue suka buku Relationshit.

Nggak tau kenapa, ya suka aja. Posenya Alitt yang lagi tiduran sambil mangap, dan di situ ada gambar hati yang patah dan berdarah. Hmm,  terus dikelilingi beberapa animasi yang nangis, berduka, dan lain lain.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?

Remaja, cinta, dan komedi.

Hmm, ya karena ringan untuk dibaca. Gue kurang suka sama bacaan yang terlalu serius. Tema cinta itu begitu universal, pasti banyak diminati oleh para pembaca. Gue suka banget sama tulisan-tulisan yang asyik dan lucu. Saat lagi fokus membaca alur cerita, adegan demi adegan, eh kemudian bisa tertawa.

10. Siapa penulis yang paling ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?

Raditya Dika.

Pengin banget rasanya ketemu sama orang yang sudah memotivasi gue untuk menulis. Dia juga mengajarkan menulis komedi pake hati.
Kalau sudah bertemu, pastinya ajak foto bareng, minta tanda tangan, dan mungkin tanya-tanya soal menulis dan komedi.

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?

Lebih suka baca buku cetak (kertas) pastinya.

Kalo baca buku cetak lebih asyik rasanya. Terus, keren aja gitu kalo dilihat sama orang lain kalau lagi baca buku cetak. Kalau baca e-book, misal di HP, nanti disangkanya mainan HP terus. Lagian, membaca atau menatap layar lama-lama nggak baik untuk kesehatan mata. Radiasi gitu deh.

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!

GagasMedia ialah penerbit yang melahirkan karya kreatif, keren, unik, dan luar biasa.


Akhirnya selesai. Woaaaaah, lumayan juga ya jawab 12 pertanyaan. Hehehe.

Ada yang mau ikutan juga? Yuk!

Segitu aja dari gue, terima kasih.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment