Proses Mencari Kerja

Sejak gue menulis menjadi pengangguran. Sampai saat ini, gue tetaplah seorang pengangguran. Yoi. Ini keren. Harus diapresiasi. Halah. Nganggur malah bangga. Kacau. Gue memang harus mengakui, kalo proses mencari kerja itu tidaklah sulit. Ini serius. Nggak sulit, kok. Namun, SULIT BUAAAANGEEEETTTT BANGSYAAAATTTTTT.

Gimana nggak sulit banget. Gue yang dibantuin sama temen untuk mengisi lowongan pekerjaan di kantor kliennya aja gagal. Jadi, waktu itu temen gue menginformasikan kepada gue lewat BBM.

“PING!!!”

Gue bales, “Kenapa?”

“Udah dapet kerja?”

“Alhamdulillah, ya... Belum. :(”

Oiya, biarpun belum mendapatkan pekerjaan. Bersyukur itu harus. Jangan pernah lupa untuk bersyukur bagaimana keadaan kita. Harus bersyukur masih bisa makan tempe meskipun menjadi pengangguran. Ya, gue masih punya orangtua. Bagusnya Nyokap masih bersedia ngasih gue makan. Padahal, waktu itu Nyokap sempet marah-marah pas gue resigndari kantor yang lama. Gue takut aja kalo Nyokap ngambek dan nggak mau masak setelah gue resign. Bahaya banget itu. Pasti gue kelaperan.

Oke lanjut.

“Di kantor klien gue, ada lowongan, nih.”
“Serius? Jadi apaan?”
“Admin, Yog.”
“Wah,maauuuu!” Gue langsung  bersemangat. Perasaan gue berapi-api gitu. Nggak taunya perasaan gue berubah setelah negara api menyerang. Parah. Gue membutuhkan avatar. Tapi avatar Roku malah menghilang.  Huft.
“Coba kirim email ke : aguskece.hrd@gmail.com”
“Oke. Thanks, yaaaa.”
“Sip, gudlak!”
Tanpa berpikir apa-apa, gue langsung kirim surat lamaran lewat email.

***

Setelah menunggu sekitar 2 jam. Gue mulai lelah. HRD-nya nggak kunjung tiba. Memang, sih, hari itu hujan turun begitu derasnya. Tapi, gue berusaha banget on time. Dari rumah sekitar jam 9 lewat. Sampe kantor itu jam 11 kurang dikit. Jadwal wawancaranya jam 11. Ingin rasanya gue pulang saja kalo bukan demi sesuap nasi. 

Waktu gue sia-sia hanya untuk menunggu sesuatu yang belum pasti. Seperti PDKT sama cewek yang masih galauin mantannya. Yang suatu saat mungkin saja bisa balikan. Sedih, ya. Tapi proses mencari kerja ini nggak ada hubungannya sama cewek, kok. Gue iseng aja menganalogikan. Siapa tau ada yang sedang merasakannya. Wahaha.

Kemudian terdengar sandal swallow yang berdecit. Bapak-bapak dengan umur sekitar 40-an,  tinggi dan kurus, serta rambutnya yang cepak. Ia masih memakai jas hujan. Entah, orang ini lupa mencopotnya, atau mau pamer habis main hujan-hujanan ketika datang ke kantor. Gue yang biasa ojek payung pake payung sevel aja nggak mau pamer.

“Mas Yoga, ya?” ujarnya.
Anjir, hebat banget ini orang tau nama gue. Dukun jangan-jangan.

Tadinya gue mau bilang, “Iya, kok tau?” Tapi takut mirip seperti yang digombal-gombal itu. “Bapak kamu tukang tambal ban, ya?” Lalu dijawab, “Iya, kok tau?” “Karena kamu telah menyebar ranjau cinta di pinggiran hatiku.”

“Iya, Pak,” jawab gue dengan senyum.
“Maaf saya telat...

YA ALLAH, PAK. SIAPA YANG BERANI MENGHAMILI BAPAK? SUDAH BERAPA BULAN?
“Maaf, saya telat. Hujannya deras sekali. Baiklah tunggu sebentar. Saya ingin ganti baju dan mengambil laptop.”
Gue udah nunggu 2 jam. Masih disuruh nunggu sebentar. Ya, Tuhan. HRD tukang ngaret, HIH!

***

Gue pulang dengan lesu. Temen gue nggak bilang kalo ini lowongan bukan admin seperti biasanya. Ini admin project. Harus pinter akuntansi. Gue salah melamar sepertinya. Udah gitu, saingan gue S1 semua dan cewek. Gue hanya bisa pasrah. Diterima syukur, enggak juga bersyukur. Gue masih sayang sama otak gue. Nggak mau meledak karena harus bergulat setiap hari dengan angka-angka. Merencanakan biaya-biaya untuk beberapa acara di berbagai kota. Mengecek saldo akhir. Halah, ribet.

Padahal, awalnya gue rela menerjang banjir, sampe akhirnya gue harus bilang, “PEKERJAAN MACAM APA INI? NJIR!”

Gagal di satu perusahaan tidak membuat gue patah semangat. Gue masih terus berusaha. Tidak lupa juga untuk berdoa. Berdoa supaya Jessica Mila berjodoh sama gue. *lah? Bisa-bisa berantem sama Tristan kalo gitu. Nanti gue digigit lagi.

Abaikan.

Sudah beberapa perusahaan gue coba. Nyatanya tetap gagal. Awalnya gue terlalu memilih. Gue pengin mendapatkan pekerjaan yang sesuai hobi dan minat gue. Ya, pokoknya berhubungan dengan menulis. Tapi sayang, kebanyakan itu minimal D3 dan S1. Harus punya pengalaman minimal 2 tahun di bidangnya pula. Sulit bagi gue yang masih semester 4 begini dan nggak punya pengalaman apa-apa. Gue cuma bisa curhat, gegayaan mau jadi copywriter. Dulu, gue pikir copywriter itu kerjaannya hanya minum kopi dan menulis. Taunya bukan. Gue terlalu bodoh memang.

Sebenernya, bisa aja gue bekerja sebagai SPB ( Sales Promotion Boy ) Tapi, kerjanya shift. Sedangkan gue, Sabtu-Minggu kudu kuliah. Gue harus nyari yang kantoran. Giliran udah dapet, Sabtu kudu masuk setengah hari. Nanti kuliah gue gimana? Mau nggak mau, gue harus ikhlas dan nyari yang jam kerjanya Senin-Jumat. Sumpah, ini susaaahhhh. Sekalinya ada, gue gagal di saat tes. Bego.

Yaudah, gapapa. Mungkin belum rezeki. Gue percaya, suatu hari nanti. Entah besok, besok lusa, minggu depan, bulan depan, atau... Ah, kelamaan. Pokoknya, gue percaya. Pasti gue dapet kerjaan yang jadwalnya sesuai dengan perkuliahan dengan gaji yang lumayan pula. Aaamiiin.
Sebuah proses tidak akan membohongi hasil. Dengan kesabaran, pasti ada jalan. Semoga.

***

“Cari kantor yang liburnya Sabtu-Minggu susah ya, Bro,” kata gue, mengeluh kepada Aldi.
“Lagian, lu waktu itu resign segala,”
“Udah! Jangan dibahas, kek. Udah berlalu itu,” kata gue, sewot.
Sorry. Eiya, ada nih kerjaan Sabtu-Minggu libur,kata Aldi, dengan muka yang serius.
“Apaan? Mau, dong!” Gue mulai penasaran.
Freelance gitu, sih.”
“Gaji nggak nentu, dong?” tanya gue.
“Iya, Yog. Tapi lumayan kalo lu berhasil. Sehari bisa  500 ribu minimal,” ujar Aldi, dengan ucapan yang sangat meyakinkan.

“Taik!” Gue mulai kesal karena nggak percaya.
“Serius gue! Jam kerjanya bebas.” Aldi membuat gue semakin penasaran. “Mau hari apaan aja bisa. Tapi lebih sering malem jam kerjanya,” lanjut Aldi.
“Kok, malem? Diskotek gitu, ya? ” tanya gue.

“Iya, malem. Seminggu 3 kali kerja juga gapapa. Nggak usah Senin-Jumat segala. Bukan diskotek, santai aja.” Kata-kata Aldi semakin membuat gue tertarik.

“Terus apa? Kerjanya ngapain?” Gue mulai tergiur bercampur dengan rasa penasaran. 

“Gampang kerjanya. Asal lu berani ngambil resiko.”

Gampang? Gue takutnya disuruh uji nyali. Soalnya malem-malem dan harus berani ngambil resiko. Kesurupan misal.

“Ikut uji nyali, ya?“ kata gue, sotoy.

“Yakali. Bukan!“

“Yaudah, apa? Gue berani ngambil resiko, nih.“

“Oke. Gue percaya lu, Yog.”

“Yaudah, kerjanya ngapain?”


“Begal motor. Ya, kalo lu nggak dapet motor. Dompet bisa, atau HP-nya juga lumayan dijual.”


“ANJEEEEEENGGGGG!”
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment