Cara Mudah Kirim Lamaran Kerja Via Email

Sekarang mengirim lamaran kerja ke perusahaan yang jauh dengan tempat tinggal kita tidaklah susah, berkat kemajuan teknologi semuanya menjadi mudah dan murah. Bermodal paket internet Anda bisa mengirimkan berkas lamaran kerja hanya dengan mengandalkan perangkat smartphone kesayangan Anda. 

Email gratis seperti yahoo mail maupun gmail dapat kamu pergunakan sebagai sarana untuk pengiriman file berupa berkas lamaran kerja. Namun sebelum kamu mengirimkan berkas lamaran tersebut kamu perlu menyiapkan file-file yang diperlukan.

Adapun file yang diperlukan sama halnya seperti kamu mengirimkan lamaran secara langsung ke perusahaan tujuan. File yang dibutuhkan adalah Surat lamaran Ijaza, Transkip Nilai, CV (Curriculum Vitae), KTP, Pas Photo Warna yang terbaru ukuran 3x4 cm, kalau ada photo close up lebih bagus, KK (Kartu Keluarga), Surat-surat pengalaman kerja sebelumnya (jika ada), Surat keterangan kesehatan dari rumah sakit pemerintah tempat kamu tinggal, dan SKCK. 

Semua dokumen tersebut kamu scan menggunakan alat scaner ke dalam format JPG atapun PDF tapi lebih disarankan kamu scan saja ke format JPG. Scan serapi mungkin agar terlihat lebih profesional dan enak dilihat. setelah semua file tersebut di scan jangan lupa kamu kompres dalam bentuk rar ataupun zip agar bisa dilampirkan sekaligus saat mengirimkan email. 

sebelum kamu kirimkan berkas tersebut maka perhatikan baik alamat email si penerima berkas agar tidak salah tujuan, selain itu di subjek email jangan lupa memberikan judul email misalnya "Lamaran Kerja - Asisten Supervisor".

selain itu jangan lupa juga untuk menulis pengantar email agar si penerima email mengetahui maksud dan tujuan dari email yang kamu kirimkan. Agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Dari gambar di atas terlihat jelas bahwa ada email tujuan, ada subject email (judul dari email) dan ada kata pengantarnya. untuk kalimat pengantar silakan di modif sendiri berdasarkan gaya bahasa kamu sendiri yang penting terlihat sopan dan profesional. 
Catatan: Untuk email yang kamu gunakan khusus untuk mengirim lamaran kerja buatlah alamat email yang profesional agar kamu lebih terlihat serius di mata perekrut atau HRD Persuhaan. Hindari membuat alamat email yang berkesan lebay dan alay misalnya nama kamu Winda Sari dengan alamat email wiendha_chiemut@yahoo.com atau jika nama kamu Zulfikri dengan alamat email lebay misalnya jeol.guantengbingits@ymail.com.
hal seperti itu memang terlihat sepele tapi mempunyai pengaruh besar bagi pihak perusahaan, akibat alamat email yang terkesan lebay kadang email kamu tidak akan di proses, akibatnya kamu kehilangan kesempatan untuk di panggil ke tahap selanjutnya.

Selsain itu, untuk email kamu kirimkan lamaran kerja buatlah satu email khusu hanya untuk mengirimkan berkas lamaran kerja, artinya email tersebut tidak kamu pergunakan untuk kepentingan lain di internet seperti mendaftar akun facebook atau mendaftar game tertentu dengan email tersebut. Alasannya adalah agar email balasan dari pihak perusahaan jika lamaranmu di tanggapi tidak bercampur baur dengan email masuk lainnya.

Selanjutnya jika kamu dipanggail untuk tahap selanjutnya karena pihak perusahaan tertarik dengan berkas lamaran yang sudah kamu kirimkan, maka file yang sudah kamu scan tadi di bawa juga dalam bentuk hard copynya. kamu foto copy lagi berkas-berkas tersebut dan di bawa saat kamu di panggil untuk interview.

Oke yang terakhir jangan lupa berpakaian rapi dan sopan saat kamu datang ke mengikuti tahap selanjutnya. jangan sekali-kali datang ke sebuah interview atau tes psikotes kamu mengenakan baju kaos dan celana jeans, setidaknya pakailah baju kemaja rapi dan celana kain dan dipadukan dengan sepatu kantor yang berwana gelap ataupun coklat.

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment