Menjalankan bisnis online tidaklah semudah dibayangkan. Terutama jika menggunakan Google Adsense sebagai sumber pendapatan utama Anda. Rendahnya bayaran Google Adsense per klik iklan menjadi alasan utama mengapa tingkat kesuksesan seorang Publisher Adsense untuk blog berbahsa Indonesia sangat rendah.
Walau jumlah peminat untuk menjadi Publisher Adsense semakin tinggi, namun tidak sedikit pula mereka yang sudah bertahun-tahun menjadi Publisher Adsense beralih ke bisnis lain.
Tidak heran, rendahnya pendapatan dari Adsense membuat banyak Publisher banting setir dan mencoba peruntungan lain dengan bisnis online yang baru, walau masih tetap menjalankan Adsense.
Hal ini tentu saja disebabkan oleh beberapa alasan entah itu kurangnya pengalaman dan pengetahuan, atau manajemen situs yang kurang memadai.
Namun berdasarkan fakta di lapangan salah satu penyebab kegagalan di Adsense adalah kesalahan dilakukan di awal ketika merintis bisnis online ini yaitu tidak mempertimbangkan niche market yang menjadi target. Inilah salah satu faktor penyebab sukses atau tidaknya seorang Publisher Google Adsense.
Hasil berikut merupakan hasil analisa kata kunci menggunakan beberapa tool seo salah satunya adalah Add On SEOQuake untuk Google Chrome, dan bukan dari Google Adwods karena kita tahu Google sangat terkenal dengan sikap tertutup mereka tentang seberapa besar pengiklan bersedia menawar untuk memperoleh klik.
Walau hasil perkiraan berikut tidak seratus persen sama dengan di Adwords namun kita masih memperoleh perkiraan yang memadai tentang seberapa besar uang kita peroleh tatkala menampilkan iklan di blog niche market kita.
Masing-masing analisa kata kunci ditampilkan dalam gambar yang menunjukkan volume pencarian per bulan, Nilai CPC atau bayaran Google Adsense per klik iklan, tingkat persaingan dan jumlah situs yang mengulas topik yang sama.
Walau jumlah peminat untuk menjadi Publisher Adsense semakin tinggi, namun tidak sedikit pula mereka yang sudah bertahun-tahun menjadi Publisher Adsense beralih ke bisnis lain.
Tidak heran, rendahnya pendapatan dari Adsense membuat banyak Publisher banting setir dan mencoba peruntungan lain dengan bisnis online yang baru, walau masih tetap menjalankan Adsense.
Hal ini tentu saja disebabkan oleh beberapa alasan entah itu kurangnya pengalaman dan pengetahuan, atau manajemen situs yang kurang memadai.
Namun berdasarkan fakta di lapangan salah satu penyebab kegagalan di Adsense adalah kesalahan dilakukan di awal ketika merintis bisnis online ini yaitu tidak mempertimbangkan niche market yang menjadi target. Inilah salah satu faktor penyebab sukses atau tidaknya seorang Publisher Google Adsense.
Mengapa Perlu Mempertimbangkan Niche Market?
Tidak ada gunanya menargetkan pasar besar jika menjalankan bisnis online khususnya jika menggunakan Google Adsense sebagai sumber pendapatan utama. Menargetkan pasar besar membutuhkan biaya iklan sangat tinggi yang hanya mampu dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.Daftar Niche Market Berdasarkan Kata Kunci Mahal Adsense Indonesia
Coba perhatikan daftar kata kunci mahal adsense dan kategori pencarian berikut, apakah ada topik yang Anda kuasai atau menarik perhatian. Akan lebih mudah membangun sebuah blog berkualitas jika kita memahami khususnya suatu hal dengan topik yang kita kuasai.
Catatan; daftar kata kunci mahal adsense berikut berasal dari versi bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan asumsi kata kunci mahal apapun bahasanya, nilai bayarannya tetap menempati peringkat atas di masing-masing negara, yang membedakan adalah nilai bayaran Google Adsense per Klik iklan dalam bahasa Inggris adalah yang termahal.
Untuk lebih jelasnya lihat Daftar Kata Kunci Mahal Adsense dan Kategori Pencarian
Daftar kata kunci mahal Indonesia dan kategori pencarian:
Perencanaan keuangan: Pinjaman, Kartu Kredit, Konsolidasi Utang, Saham, bayaran pinjaman
Travel: maskapai, rental mobil, hotel, vacations, traveling
Lifestyle: fitness, model, bugar
e-Commerce: VoIP, broadband, nama domain, web hosting, web design
Real Estate: mortgages, refinancing, vila, pinjaman, kredit
Bayaran Google Adsense per Klik Iklan Berdasarkan Kata Kunci Mahal Indonesia
Hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah mencari tahu berapa bayaran Google Adsense per klik iklan untuk kata kunci mahal tersebut di atas. Hal ini akan sangat membantu kita mengetahui seberapa besar para pengiklan bersedia membayar agar iklan-iklan mereka ditampilkan.Hasil berikut merupakan hasil analisa kata kunci menggunakan beberapa tool seo salah satunya adalah Add On SEOQuake untuk Google Chrome, dan bukan dari Google Adwods karena kita tahu Google sangat terkenal dengan sikap tertutup mereka tentang seberapa besar pengiklan bersedia menawar untuk memperoleh klik.
Walau hasil perkiraan berikut tidak seratus persen sama dengan di Adwords namun kita masih memperoleh perkiraan yang memadai tentang seberapa besar uang kita peroleh tatkala menampilkan iklan di blog niche market kita.
Kategori Kata Kunci "Perencanaan Keuangan"
Berikut hasil analisa kata kunci untuk kategori perencanaan keuangan yang terdiri dari Pinjaman, Kartu Kredit, SahamMasing-masing analisa kata kunci ditampilkan dalam gambar yang menunjukkan volume pencarian per bulan, Nilai CPC atau bayaran Google Adsense per klik iklan, tingkat persaingan dan jumlah situs yang mengulas topik yang sama.
1. Kata kunci "pinjaman"
Gambar berikut merupakan hasil analisa untuk kata kunci "pinjaman"2. Kata kunci "kartu kredit"
Gambar berikut menunjukkan hasil analisa untuk kata kunci "kartu kredit"
3. Kata kunci "saham"
Gambar berikut menunjukkan hasil analisa untuk kata kunci "saham"
Kategori Kata Kunci "Travel"
Berikut adalah kata kunci mahal Adsense untuk kategori "Travel" yang terdiri dari Airline, Rental Mobil, Hotel, pesiar, liburan
1. Kata kunci "Airline"
Gambar berikut menunjukkan hasil analisa untuk kata kunci "airline"
2. Kata kunci "rental mobil"
3. Kata kunci "hotel"
4. Kata kunci "pesiar"
5. Kata kunci "liburan"
Kategori Kata Kunci "lifestyle"
Berikut adalah kata kunci mahal Adsense untuk kategori "Lifestyle" yang terdiri dari kata kunci Fitness, Kencan
1. Kata kunci "fitness"
2. Kata kunci "kencan"
Kategori Kata Kunci "e-Commerce"
Berikut adalah kata kunci mahal Adsense untuk kategori "e-Commerce" yang terdiri dari VoIP, Broadband, Nama Domain, Web Hosting, Web Design1. Kata kunci "VoIP"
2. Kata kunci "broadband"
3. Kata kunci "nama domain"
4. Kata kunci "web hosting"
5. Kata kunci "web design"
Kategori Kata Kunci "Real Estate"
Berikut adalah kata kunci mahal Adsense untuk kategori "Real Estate" yang terdiri dari kata kunci Hipotek, Refinancing, kredit
Dapat Anda lihat sendiri berapa volume pencarian untuk setiap kata kunci, berikut nilai CPC (Cost per Click) dan tingkat persaingan serta jumlah situs yang mengulas topik yang sama untuk setiap kata kunci.
Berangkat dari itu semua kita sudah dapat mengira-ngira berapa bayaran Google Adsense per klik yang akan kita terima dari setiap klik iklan oleh pengunjung pada situs kita.
Langkah selanjutnya adalah melakukan research kata kunci di Google Adwords, untuk mengetahui Volume Pencarian sesungguhnya di mesin pencari Google.
Mengapa harus Google? Alasan sesungguhnya adalah karena Google merupakan mesin pencari terkemuka di dunia dan kita perlu mengoptimasi web dan artikel kita untuk mesin pencari Google.
Selanjutnya buatlah situs atau blog sesuai topik yang Anda kuasai dan berdasarkan kata kunci pilihan dari daftar di atas. Agar Anda dapat mengira-ngira berapa bayaran Google Adsense per klik iklan yang tayang di blog kita. Jika Anda punya pengalaman lain atau ingin berdiskusi jangan lupa untuk berkomentar di bawah.
1. Kata kunci "hipotek"
2. Kata kunci "refinancing"
3. Kata kunci "kredit"
Dapat Anda lihat sendiri berapa volume pencarian untuk setiap kata kunci, berikut nilai CPC (Cost per Click) dan tingkat persaingan serta jumlah situs yang mengulas topik yang sama untuk setiap kata kunci.
Analisa Kata Kunci
Ambil contoh untuk kata kunci "kredit". Terlihat jumlah pencarian per bulannya sebanyak 135.000, lumayan banyak, sudah cukup untuk membawa seratus ribu pengunjung lebih ke situs kita setiap bulannya apa bila blog kita di peringkat satu Google.
Namun sayangnya ternyata jumlah situs yang mengulas topik "kredit" ini juga tidak sedikit, 95.100.000,- situs. Wow... dapatkah kita bersaing dengan kompetitor sebanyak itu? mungkin butuh jurus SEO ala dewa... :)
Bagaimana dengan jumlah bayaran Google Adsense per klik iklan untuk kata kunci "kredit" ini? wow juga... sebesar Rp. 204.996, fantastis bukan... rasanya 2 atau 3 klik per hari akan dapat membuat kita kaya... mengapa semahal ini? jawabannya tentu karena tingkat persaingannya yang tinggi.
Penutup
Daftar kata kunci mahal Indonesia di atas hanya sebagian kecil yang dapat disajikan di sini namun sudah cukup untuk mewakili keseluruhan kata kunci dengan bayaran mahal untuk setiap klik, Anda dapat mengembangkan sendiri kata-kata kunci pilihan sesuai dengan topik yang dikuasai.Berangkat dari itu semua kita sudah dapat mengira-ngira berapa bayaran Google Adsense per klik yang akan kita terima dari setiap klik iklan oleh pengunjung pada situs kita.
Langkah selanjutnya adalah melakukan research kata kunci di Google Adwords, untuk mengetahui Volume Pencarian sesungguhnya di mesin pencari Google.
Mengapa harus Google? Alasan sesungguhnya adalah karena Google merupakan mesin pencari terkemuka di dunia dan kita perlu mengoptimasi web dan artikel kita untuk mesin pencari Google.
Selanjutnya buatlah situs atau blog sesuai topik yang Anda kuasai dan berdasarkan kata kunci pilihan dari daftar di atas. Agar Anda dapat mengira-ngira berapa bayaran Google Adsense per klik iklan yang tayang di blog kita. Jika Anda punya pengalaman lain atau ingin berdiskusi jangan lupa untuk berkomentar di bawah.
0 comments:
Post a Comment