Hai Santriwan dan Santriwati, Cuma Kalian Yang Pernah Merasakan Manfaat Seperti Ini

Pesantren adalah tempatnya para santri-santri dimana ditempat tersebut mereka diajarkan mengaji Al-Quran dan kitab-kitab kuning. Pesantren dapat dibagi kedalam 2 kategori yaitu pesantren salafiah/pesantren murni dan pesantren modern.

Pesantren Salafiah ataupun yang sering disebut Pesantren Murni adalah pesantren yang dikhususkan untuk tempat belajar ilmu agama saja mulai dari belajar membaca kitab kecil sampai dengan kitab-kitab besar, sedangkan lamanya belajar juga tidak ditentukan karena bisa mencapai 5 tahun, 6 tahun, 7 tahun bahkan ada yang 10 atau 12 tahun. Kalau kamu yang ingin benar-benar mau belajar ilmu agama tentu pesantren inilah yang cocok buat kamu.


Sedangkan pesantren Modern adalah pesantren model terpadu dimana di pesantren tersebut dipadukan antara ilmu agama dengan ilmu umum, artinya disana selain belajar ilmu agama juga belajar ilmu umum seperti sekolah biasa dari kelas 1 SMP sampai dengan kelas 3 SMA. Kamu akan belajar 6 tahun lamanya disana karena SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun, di pesantren moderen ini selain belajar ilmu agama dan sekolah kamu juga bakal diajarkan bahasa Arab dan Bahasa Inggris, tak jarang pula sekaran ada pesantren yang mengajarkan Bahasa Jepang dan Mandarin.



Nah, itulah perbedaan kedua jenis pesantren tersebut, kamu tinggal pilih salah satu dan setidaknya kamu harus tinggal di pesantren minimal 2 tahun seumur hidup untuk bekal kamu tentang ilmu agama.

Hai Santriwan dan Santriwati, Cuma Kalian Yang Pernah Merasakan Manfaat Seperti Ini, itulah judul pembahasan pada posting kali ini dan saya akan menceritakan berdasarkan pengalaman saya sendiri selama tinggal di pesantren

1.   Kamu Akan Belajar Kedisiplinan.
Disiplin adalah awal dari kesuksesan, semua bidang ilmu butuh yang namanya disiplin, kamu yang pernah tinggal dipesantren selalu dituntut untuk tepat waktu dan akhirnya kamu akan terbisa selalu tepat waktu, dan apa yang kamu rasakan jika kamu tidak tepat waktu di pesantren? kamu bakal kenak hukuman bukan?

2.   Sholat Selalu Berjamaah
Ini adalah manfaat yang sangat luar biasa karena setiap waktu sholat kamu bisa berjaah terus dan pahala sholat berjamaah juga sangat besar bro yaitu 27 kali lipat dibandingkan sholat sendiri dan setelah shalat selesai kamu tidak langsung turun dari musalla/mesjid tapi kamu membaca alquran dulu kemudian berdoa bersama sampai selawat, gimana indah sekali bukan? bikin hati tenang dan tentram bro.

3.   Kamu Akan Terus Mengasah Otakmu
Bagaikan pisau yang akan tumpul bila tidak pernah dipakai dan diaasah, begitu juta dengan otak manusia yang akan bodoh bila tidak pernah dipertajam. Maka kamu sangat-sangat beruntung karena setiap hari kamu menghafal kita-kitab tertentu dan juga menghafal alquran terus menghafal kosa kata bahasa Inggris atau bahasa Arab bagi kamu yang tinggal di Pesantren Modern.

4.   Persahabatanmu Sangat Kental
Persahabatanmu dengan teman-temanmu bukan sekedar teman biasa seperti teman di sekolah biasa yang ada diluar, kamu dan teman-temanmu akan benar-benar akrab bahkan seperti keluargamu sendiri, setelah kamu tamat ataupun keluar dari pesantren maka hubunganmu dengan temanmu masih terjaga.

5.   Pintu Gerbang
Pintu gerbang adalah sesuatu yang begitu luar bisa bagi kamu, jika kamu sudah diizinkan untuk melangkahi pintu gerbang kamu akan berteriak karena kamu sudah mendapatkan sedikit kebebabasan untuk melihat apa yang ada di luar komplek pesantre.


itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dan masih banyak lagi

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment