5 Manfaat Luar Biasa Yang Akan di Dapatkan Ketika Anda Pergi Merantau

Merantau bukanlah niat semua orang, saya yakin tidak semua orang ingin merantau, tapi tuntutan pekerjaan adalah salah satu faktor yang membuat seseorang itu harus pergi meninggalkan keluarga, sahabat dan kampung halaman. Sebagian besar orang merantau itu karena tuntutan pekerjaan dan sebagian lainnya karena faktor tertentu sesuai masing-masing kondisi orang.

Terkadang orang yang ingin merantau karena sebuah tuntutan misalnya perintah atasan di tempat mereka bekerja untuk mutasi dari kota A ke kota B, membuat sedikit rasa cemas orang tersebut karena alasan tertentu seperti tidak ingin berpisah dengan keluarga, teman maupun kerabat dekat lainnya. 

Padahal merantau itu banyak hal positif yang kita dapatkan dan hal ini hanya di dapatkan oleh orang yang merantau saja apa lagi anak-anak muda itu sangat cocok untuk menjadi seorang perantauan.

Image via: pixabay.com

Namun, tahukan Anda hal apa saja yang akan Anda dapatkan ketika Anda hidup di tempat orang alias dalam perantauan? Saya akan berbagi pengalaman kepada pembaca semua tentang apa yang saya dapatkan dan apa yang saya rasakan ketika saya berada di perantauan. 

Oke gan langsung saja kita menuju ke TKP agar tidak terlalu panjang mukaddimah :

1. Lingkungan Baru
Sudah barang pasti lah gan ketika Anda merantau Anda akan melihat dan merasakan sebuah lingkungan yang tak biasa yaitu lingkungan baru, bertemu dengan orang baru, rasa makanan yang baru, dan bahasa daerah serta logat bahasa yang baru. 

Inilah kesempatan Anda mencari teman-teman baru untuk menambah jaringan pertemanan dan mulai belajar saling menghargai perbedaan satu sama lain dan kamu akan tau betapa pentingnya orang lain bersama dalam menjalani hidup ini. 

Orang perantau itu mempunyai cerita yang lebih menarik dari pada orang berada di satu tempat saja. Maka nikmatilah semua yang kamu alami selama di perantauan, susah senang itu pasti ada tapi itulah pelajaran-pelajaran buat Anda.

2. Pola Pikir yang Baru
Apa yang Anda lihat itulah yang Anda pikirkan, Anda akan melihat banyak hal baru di perantauan. Orang-orang yang belum pernah Anda lihat sebelumnya akan dijumpai di diluar sana, cara berpikir mereka yang berbeda sesuai latar belakang mereka. 

Anda bisa bisa mengajak mereka untuk mengobrol dan saling sharing di waktu-waktu luang. Ingat, siapapun yang Anda temui jangan pernag Anda remehkan sekalipun dia tukang parkir, tukang ojek, sopir angkot ataupun cleaning service karena selalu ada cerita menarik dan nasihat positif dari mereka. 

Ajaklah mereka untuk mengobrol di waktu luang karena selain menambah banyak teman kamu juga akan semakin tau tentang lingkungan sekitar. Ketika suatu saat kamu membutuhkan bantuan kemungkinan besar mereka dapat membantumu.

3. Anda Akan Tau Betapa Berarti Sebuah Kerinduan
Jika Anda selalu tinggal bersama orang tua Anda makan rasa rindu atau kangen sama orang tua biasa-biasa saja. Tapi, jika berada di perantauan akan benar-benar merasakan kerinduan yang dalam, bahkan sampai meneteskan air mata ketika kerinduan datang dan teringat sama ibu dan ayah ataupun orang-orang yang Anda sayangi. 

Anda akan benar-benar menyayangi orang tua, baik ketika masih dalam perantauan maupun ketika sudah balik ke kampung halaman. Kalau dulunya Anda pernah sebel, kesal dan marah sama orang tua Anda karena permintaan Anda tidak sanggup mereka penuhi maka setelah merantau kelakuan seperti tidak akan ada lagi karena cara berpikir Anda sudah sangat dewasa dan sudah tau betapa berartinya sebuah kerinduan.

4. Anda Akan Menjadi Bagian dari Pemecah Masalah
Dengan banyaknya pengalaman dan masalah yang Anda dapatkan di perantauan maka sudah pasti Anda bisa di Andalkan sebagai seorang problem solver atau orang yang bisa memecahkan masalah untuk menemukan jalan keluar. 

Masalah yang Anda temui di perantauan merupakan pelajaran yang bermakna dan Anda bisa menyelsaikan masalah yang sama ketika menemukannya di masa yang akan datang.

5. Mengetahui Karakter Orang
Orang demi orang yang Anda temui dan Anda kenal membuat Anda semakin tau tentang karakter orang. Ada karakter yang positif dan ada pula karakter negatif. Karakter positif yang bisa Anda ambil darinya dan karakter negatif yang harus tinggalkan dan dijadikan untuk pelajaran. 

Dengan begitu, Anda akan waspada ketika bertemu dengan orang yang mempunyai karakter negatif seperti karakter orang yang pernah Anda kenal sebelumnya di perantauan. Artinya apa yang Anda alami semua jadi pelajaran.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment