Halaman Baru

Udah lama banget gue nggak pernah ketiduran. Namun, Senin kemarin, begitu pulang kerja freelance, gue mengalaminya. Nggak inget mimpi apa, dan tiba-tiba kebangun sudah di hari berikutnya. Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa! Biasanya, gue beranjak tidur, lalu terbangun masih pada hari yang sama. Begitulah manusia nokturnal yang tidur selalu di atas jam 12 malam.

Ketiduran. Oh. Nikmatnya.

Bagi sebagian orang yang sulit tidur, ketiduran itu memang jauh lebih nikmat daripada menidurkan seseorang (ini gue belum pernah ngelakuin, tapi sotoy!).

Kembali ke soal ketiduran. Begitu pulang dari kantor, sampe rumah gue nggak sempet buka blog, nggak sempet nulis buat posting-an baru, dan nggak sempet baca doa tidur juga. Sumpah yang terakhir itu penting banget.

Masya Allah. Allahu Akbar!

Pokoknya begitu masuk kamar, si kasur seolah-olah berkata, “Yoga, ayo cepat tiduri aku. Aku udah nggak tahan, Mas.” Gue pun tergoda.

Ini apa dah? Kasur, kok, ngajak mesum? Astagfirullah.

Baru juga ngucap takbir, terus malah kumat lagi. Setelah itu langsung istigfar. Mau lu apa, sih, Yog?

Mau mesum apa alim? Pilih dong salah satu. Jangan serakah!

Skip.

Gue udah lama nggak ngerasain capek seperti ini. Maklum, sudah 11 bulan nggak kerja, lalu sekalinya kerja freelance aja langsung ngomong, “Gini amat, ya, rasanya kerja. ” Kondisi fisik gue terkejut.

Capek? Iya. Merasa nyari uang itu susah banget? Apalagi. Uang dari hasil freelanceemang nggak seberapa, tapi gapapalah. Gue coba syukuri aja. Karena secapek-capeknya kerja, nganggur itu jauh lebih capek.

Kayak sekarang aja nih, freelance udah berakhir. Gue pun nganggur lagi. Bingung gue nyari-nyari kegiatan positif untuk menghabiskan waktu. Sampai gue membuka sebuah foto-foto lama di laptop. Gue melihat diri gue yang tidak terlalu kurus seperti sekarang (walaupun menurut kalian kayaknya sama aja kurusnya). Gue merenung sejenak. Nggak terasa udah mulai memasuki bulan November. Berarti kira-kira seminggu lagi adalah anniversary (setahunan) jadi seorang pengangguran.

Asyek!

Meskipun kemarin sempet kerja freelance, tapi gue tetep ingin merayakannya. Ini gue doang kali, ya? Nganggur setahun malah dirayain. Orang aneh!

Setelah setahun penuh perjuangan bertahan hidup dan belajar apa itu arti kekurangan dan kesederhanaan. Halah, bahasa gue apa dah. Bilang aja belajar ngirit. Pokoknya ada beberapa pembelajaran yang bisa  gue jadikan catatan kehidupan saat membuka halaman baru.

***

Akhir-akhir ini gue jadi keranjingan ngedesain. Ternyata ini bikin gue ketagihan. Seperti mengandung nikotin. Udah kayak ngerokok (padahal gue bukan perokok). Tapi serius, jadi pengin nyoba terus. Pengin lebih mempelajarinya lagi. Padahal sebelumnya gue takut banget buat coba-coba ngedesain. Gue selalu merasa cemen dalam hal desain. Sampai-sampai menilai karya gue sendiri jelek. Seseorang—gue lupa siapa—pernah bilang, “Kalo diri sendiri aja selalu merasa hasil karyanya jelek, gimana orang lain mau menilainya bagus?”

Dalem.

Setelah mendengar kalimat itu, gue memutuskan untuk belajar desain dan nggak mau merendahkan karya gue sendiri. Lebih belajar menghargai karya orang lain juga tentunya. Emang terbilang agak nekat dalam mencari peluang usaha di bidang desain. Namun, gue tetep membuka halaman baru di blog ini. Kalian boleh intip halaman ini.

Well, sambil menunggu orderan desain, gue bakal meningkatkan skilldan mempelajari beberapa teknik yang lain. Namun, kalo usaha ini tidak juga membuahkan hasil, mungkin gue akan menggantinya menjadi jasa desahin. Membuat wanita mendesah pasrah.

Oke, yang terakhir jangan dianggep bercanda. Itu serius.

Kayaknya terbalik, yak?

Hahaha. Yekali dah gue kayak gitu. Jadi, itu emang serius. Gue nggak bercanda.

Serius, Yog?

Iya.

Serius, itu cuma bercandaan.

Nggak jelas lu, Yog! Oke, damai ya kita.

Gue nggak sampe segitunya hanya untuk mencari rezeki. Masih banyak cara untuk mendapatkan uang secara halal. Asoy!

Kalo gitu, udah dulu, ya. Mau ngedit-ngedit foto untuk para pemenang kemarin nih.

PS: Tulisan ini udah agak lama disimpen di draft. Baru sempet edit dan publish. Jadi, maaf kalo tulisannya agak aneh karena waktu penulisannya memang campur-campur. Sayang aja kalo dibuang. Muahahaha.

Oiya, si Adi katanya lagi bikin mainan baru dan mau bagi-bagi e-book gratis tentang “Rahasia Dapur Blog” dan “Penulisan Komedi”. Mantap nih. Sayangnya, e-book itu cuma sampe hari Minggu aja. Oleh karena itu, jangan sampe ketinggalan, Gaes! Yang penasaran langsung mampir ke: SINI AJA.

Terima kasih.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment