Tulisan Jelek

“Tulisan lu jelek amat,” kata pikiran gue kepada diri gue sendiri.

Belakangan ini, gue semacam terkena gejala di mana tulisan yang gue tulis seperti nggak layak baca. Setiap nulis, biasanya selalu apa yang terlintas di kepala dan bisa ngalir dengan sendirinya. Bahkan, saking asyiknya menulis, gue sering komentar sendiri,

“Panjang amat tulisan gue.”

“Waduh, nggak berasa udah sejam aja.”

“Anjir, nasgor gue sampe dingin kayak di Kutub Utara.” (kayak pernah ke sono aje lu, Yog!)

Iya, terkadang gue ngetik sambil makan. Kalo udah fokus menatap layar jadi lupa kalo niat awalnya pengin makan (pantes lu kurus, Yog!).

Lupakan soal kurus. Yang lebih penting tulisan lu jelek, tuh!

Lagi-lagi, suara-suara yang nggak jelas itu menghantui gue. Gue pun mencoba tidak menghiraukannya. Gue tetep nulis. Setelah ngetik beratus-ratus kata, ada ratusan kali tombol backspace yang juga gue tekan.
INI MAH SAMA AJA BOONG!

Ngomong-ngomong, gue selalu berusaha membuat orang tertawa setiap membaca tulisan gue. Dalam setiap post, sedikitnya gue pengin ada satu bagian yang bisa membuat orang itu menyengir. Setelah beberapa tulisan itu gue ketik. Ini tulisan gue kenapa jadi kayak maksa? Garing amat kayak vokalis Nidji.

Ini gue dari tadi ngetik apa, sih?

Lanjut.

Sampe nggak kerasa ada 3 draft yang masih tersimpan di Word dan gue males nerusinnya. Saking bingungnya sama tulisan sendiri yang lagi gue ketik, gue pun mulai baca 5-10 tulisan terakhir gue. Oh, gini tulisan gue.

Sebelumnya, gue sendiri sampe lupa sama deskripsi terpenting dari blog ini: curhat dan berbagi. Nggak ada sebuah keharusan untuk membuat pembaca tertawa. Sebelum-sebelumnya, gue juga menulis ada apanya. Yoih. Sesuai gaya gue. Nggak. Gue barusan nggak typo, kok. Ada apanya itu karena gue pengin pembaca memetik sesuatu dari tulisan gue. Ini tulisan apa buah, deh? Segala dipetik. Buah dada lagian juga nggak bisa dipetik. Emaap.

Ada apanya itu; misal ada yang ketawa karena senasib, syukur-syukur ada manfaatnya, dan yang penting ada... mesumnya. Oke, yang terakhir itu kayaknya nggak perlu deh.

Gue jadi sadar. Sejelek-jeleknya tulisan yang gue ketik, ternyata masih ada yang bener-bener mau baca tulisan gue dan mengapresiasinya di kolom komentar. Yang tadinya males buat update blog, tiba-tiba semangat itu rasanya muncul lagi. Gue nggak takut lagi untuk menulis jelek. Toh, tulisan jelek itu bisa diedit nantinya. Hehehe.

Lagian, Ernest Hemingway bilang, “The first draft of anything is shit.”

Gue yang tadinya takut bikin tulisan jelek, sekarang malah suka nulis jelek. Di balik sebuah blog post yang kalian baca, sebenernya ada tulisan-tulisan jelek (draft 1) yang sudah terbuang. Tentu setiap orang sudah mengubah tulisan jelek itu menjadi lebih baik.

Tanpa tulisan jelek, mungkin gue hanya duduk berjam-jam, menghabiskan waktu berharga hanya untuk menatap layar putih dan nggak pernah tahu mau nulis apa. Maka dari itu, jangan takut lagi bikin tulisan jelek dan tetap konsisten menulis. Yuhuuuuu.

Tulisan jelek ini sengaja gue tulis untuk mengingatkan diri gue sendiri.

PS: Pas lagi asyik-asyiknya ngetik, mendadak ada pemadaman listrik. Seharusnya dari tanggal 5 udah gue publish. Tokhaaayyyy memang.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment