Telat

"Kamu kenapa bisa telat?" tanya dosen.
"Hm... habis waktu itu lagi enak, Pak. Bapak juga nggak mau ngeluarin di luar. Telat deh."

Astagfirullah. Pembukaan tulisan gue kenapa bejat gini? Itu mah kasus dosen yang nganu sama mahasiswi. Buahahaha. Entah kenapa, kalo telat biasanya orang-orang selalu sangkut-pautin ke hal itu. Dasar mesum!

Jangan ikutan mesum dong. Nanti lahan gue apa?
Astagfirullah. Mesum dijadiin lahan. Mau jadi apa gue coba?

Skip.

"Kenapa kamu bisa telat?"

Pertanyaan seperti ini sering kali dosen tanyakan kepada mahasiswanya yang telat. Gue sendiri juga pernah ditanya seperti itu. Jujur aja, gue sendiri bingung pas mau jawab.

Sebenernya, gue tipe mahasiswa yang jarang banget telat. Tapi sejak semester 5, gue mulai terbiasa dengan kebiasaan suram ini. Ya, semua berawal dari nganggur. Tidur semaunya banget. Malam jadi siang. Siang jadi malam. Kalo siang makan nasi, kalo malem minum asi.

Jadi, gue sering ngerjain tugas dari Jumat malam sampai Sabtu jam 3 pagi. Gue memang termasuk orang yang suka mengerjakan sesuatu saat mepet deadline. Rasanya seru aja gitu. Ada tantangan tersendiri. Semacam bom waktu. Misal gue gagal mengerjakan tugasnya, gue mati. Sadisss.

Sehingga gue pun cuma sempet tidur 2-3 jam. Karena masih ngantuk, biasanya gue ngulet-ngulet dulu sampe ketiduran. Gue terbangun pukul 7 atau setengah 8. Kemudian berangkat kuliah dengan terngantuk-ngantuk. Oleh karena itu, gue telat. Tapi masih tetep jarang, sih. Toh, dosennya juga ada beberapa yang telat.

***

Suatu Sabtu, saat gue masuk kelas, Dosen Ekonomi (yang biasa telat) ternyata sudah berada di ruangan.

Tumben, batin gue.

Gue berniat untuk salim. Dan, kalimat itu pun keluar. "Kenapa kamu bisa telat?" tanya dosen, sambil melihat arloji di tangan kirinya. Kalo nggak salah, waktu sudah menunjukkan pukul 09.15. Di mana setiap dosen biasanya hanya memberikan toleransi 15 menit. Emang, sih, gue telat 15 menit. Hm... 15 menit lebih sejam. 

Mampus! Berarti gue telat parah.

Gue sebenernya telat karena emang macet. Udah gitu, biarpun macet tetep nyantai. Ngasih jalan orang-orang yang pengin duluan. Nggak mau buru-buru kayak kebanyakan orang yang suka grasak-grusuk; trotoar dihajar, lampu merah malah klakson mulu, sikap lilin di motor.


***

Singkat cerita, jam 9 gue sampe di kampus. Akhirnyaaahhh.  Kemudian inget kelas gue di lantai 8 dan lift sedang rusak. Perjuangan masih panjang, Yog!

Setelah menaiki puluhan anak tangga, tepatnya lantai 7, perut gue tiba-tiba melilit. Daripada di kelas kentut-kentut, gue bergegas ke toilet. Setelah lega, gue langsung menuju kelas. Kembali ke pertanyaan, "Kamu kenapa bisa telat?"

Tadinya mau bilang, "Kesiangan, Pak." Tapi karena menjawab "kesiangan" itu kayaknya udah terlalu mainstream. Lagian, emang jam 9 pagi itu siang, ya? Masa gue bilangnya kesiangan? Gue pun mencari jawaban lain. Mencoba jujur dan pengin bilang "macet", tapi gue udah hafal sama respons dosen yang bakal bilang, "Sudah tahu macet, kenapa nggak berangkat lebih pagi?". Mau jawab "ban motor bocor", takut nanti bocor beneran. Bohong itu nggak baik. Ucapan itu termasuk doa. Ucapkanlah yang baik-baik. Aiihhh. Sedap.

Udahlah, langsung jawab aja. Kebanyakan cari alesan ribet sendiri.

Maka, gue pun spontan berkata, "Habis Bapak datengnya kepagian."

Dosen bergeming. Hanya melihat gue dan nampak kebingungan. Mungkin dalam hatinya dia bilang, "MAHASISWA MACAM APA INI?! SUNGGUH TELADAN!"

TELADAN MATAMU, YOG!

Lalu gue melanjutkan, "Biasanya, kan, jam segini Bapak belum dateng. Hehehehe," kata gue, semakin ngaco.

Astagfirullah. Kenapa gue bisa mengucap seperti itu?

Gue udah pasrah kalaupun disuruh keluar. Saat sedang membayangkan beliau ngomel-ngomelin gue. Tiba-tiba si dosen malah bilang, "Silakan duduk."

Gue berjalan ke tempat duduk dengan bertanya-tanya dalam hati.

Kok, bisa gini?
Keberuntungan macam apa ini?
Kenapa gue ganteng?

Yang terakhir jangan protes.

Oke, serius. 

Gue masih nggak percaya. Dari pagi gue rasanya apes banget. Bangun jam setengah 8. Kejebak macet. Sampe kampus malah mules. Namun, setelah memasuki kelas, semesta sedang bersahabat sama gue.

***

Hari ini, di awal perkuliahan semester 6, gue juga telat seperti kejadian di semester 5. Bedanya, nggak ada bagian sakit perut segala. Gue tetep santai dan pede meskipun telat. Di kelas, lagi-lagi gue dibolehkan masuk. Rasanya dejavu.

Ada yang gue pelajari dari kejadian itu. Meskipun telat ataupun terjebak macet, santai aja. Nggak perlu tergesa-gesa. Sebuah pikiran yang positif, insya Allah akan menghasikan energi yang positif pula.

Kecuali,

"Aku positif hamil, Pak. Gimana nih?"
"Tapi...."
"Bapak nggak mau tanggung jawab?"
"Bukan gitu."
"Terus apa?"

"KAMU COWOK YOGAAA!"

Lah, ini ngapa ending-nya ngaco gini? Bebas deh. Namanya juga tulisan di tengah-tengah perkuliahan.

Btw, ada yang pernah telat juga? Ngantor atau ngampus? Atau seperti pembukaan tadi?

NB: Tulisan ini diketik saat jam 9-an pagi baru banget dipersilakan duduk. Entah kenapa, gue kepikiran untuk menuliskannya. Maaf kalo kurang rapi, banyak typo dan terlalu nggak jelas. Belum diedit sama sekali nih. Maklum ngetik dari hape. Tar gue edit kalo udah login di laptop. Hoho. Semoga nggak jelek-jelek amat. Terima kasih sudah membaca sampe habis.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment