Nggak Ada Ide

Habis baca pos sebelum tulisan ini, gue langsung mengeluh dalam hati. Anjir, gue nulis apaan itu, sih? Astagfirullah.  Astagfirullah aladzim.
Anehnya, masih ada yang komentar pula. Hahaha. Makasih banget, ya!

Itu tulisan bukan karena gue nggak ada ide. Bukan. Kalo nggak ada kuota, baru bener. Namun, bukan itu masalahnya. Gue sengaja publikasi agar tercipta tulisan ini (bisa aja emang nyari alesan).
Ngomong-ngomong soal ide, kadang gue bingung sama orang yang suka ngeluh nggak punya ide untuk tulisan di blog.

Kalo nggak punya ide. Ya gali dong ide itu! Jangan cuma ditunggu aja.


Sama seperti rezeki. Nggak akan dateng begitu saja. Nggak mungkin banget ada uang yang tiba-tiba jatuh dari langit tanpa berusaha dan bekerja. Apalagi ada perusahaan yang tiba-tiba nelepon dan menyuruh gue bekerja, padahal ngirim surat lamaran aja belum (ceritanya ngingetin diri sendiri).

Ide pun begitu, kita berusaha mencarinya. Apa aja hal-hal yang paling mengganggu di pikiran. Kalo nggak ada, bisa baca buku, nonton film, atau—yang biasanya blogger lakukan—blogwalking.

Masa dari kegiatan-kegiatan itu nggak menemukan ide juga?

Kalaupun masih nggak ada, tulis aja curhatan-curhatan dalam keseharian (ini gue banget). Dalam seminggu ini ada kejadian apa aja.

Masih nggak ada ide juga?

Ya Allah.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Manusia diberi akal dan pikiran untuk mencari ide tersebut. Selama kita masih hidup di dunia ini, kita pasti punya ide. Yap, sebelum mati, kita nggak akan pernah kehabisan ide. Meskipun ide itu nggak jelas, walaupun itu jelek , dan se-absurdapa pun itu. Tuliskan sajalah!

Btw, gue biasanya dapet ide pas lagi boker.
Entah kenapa, rasanya kalo lagi melakukan ritual itu, gue pasti fokus. Nah, di saat itulah ide suka muncul tiba-tiba. Di saat itu juga, kalo bisa langsung tulis ide-idenya. Maksudnya bukan langsung lari dari toilet terus ngibrit ke kamar dan buka laptop. Jangan begitu... cebok dulu.
Tapi biasanya begitu ingin menuliskannya, ide itu mendadak lupa atau hilang. Sering banget nih. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, tulis aja di hape sambil konsentrasi buang air besar. Biasanya, kan, orang-orang pada bawa hape tuh. Hape sekarang pun udah canggih-canggih; ada notes dan memopad. Ya langsung tulis aja sedapetnya. Baru deh setelah itu lanjut menuliskannya di laptop.

Misalnya, pas lagi berkonsentrasi penuh tiba-tiba keinget wajah mantan. Asli, ini random banget tau-tau kebayang wajah mantan. Namun, dari wajah mantan itu biasanya muncul memori tentangnya. Inget zaman-zaman pas masih PDKT, terus gimana pas nembak dan jadian, kemudian hubungan yang lagi indah-indahnya  bisa jadi renggang, dan  putusnya juga gimana.

Tuh, gara-gara pup aja bisa dapet ide.

Mungkin ide emang udah jarang yang original. Tapi kita bisa kembangin ide sebelumnya menjadi lebih baik. Mulailah berpikir lebih kreatif.
Lagian, ide bisa aja sama, tapi eksekusinya pasti berbeda-beda. Setiap orang punya sudut pandang masing-masing dalam menuliskan sesuatu.

Ambilah contoh sebuah ide tulisan dari kata ‘mantan’ yang diperoleh saat boker tadi. Dari kata tersebut pasti bisa menuliskannya secara bervariasi.

Kebanyakan, sih, pasti langsung nulis hal-hal yang sedih karena nggak bisa move on. Selalu dihantui oleh bayang-bayang mantan pacar. Galau.

Kayaknya basi banget gitu.

Padahal bisa aja kalian menuliskan cerita mantan pemain sepak bola yang dulunya hanya pemain biasa, tapi sekarang menjadi pelatih hebat. Bisa juga menuliskan mantan maling yang tobat, kemudian menjadi seorang ustad. Atau mantan gitaris dari sebuah band terkenal yang memilih solo karier, eh dia malah menjadi tambah terkenal.

Tuh, bisa jadi tulisan yang macem-macem, kan? Nggak melulu kata mantan itu jadi sesuatu yang galau-galauan.


Ya udah. Selamat menggali ide, ya.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment