Ini penyebab penurunan index Google secara drastis pada beberapa hari lalu

Ini penyebab penurunan index Google secara drastis pada beberapa hari lalu - Assalamualaikum sahabat kizeh , kizeh mau memberikan informasi kepada sahabat tentang penurunan drastis yang terjadi pada pengindexan Google pada Search Console .

Bagi sahabat kizeh yang sering dan peka terhadap perkembangan website mereka dan perkembangan search engine pasti mengetahui kejadian ini .

Penurunan index
Penurunan index pada beberapa hari lalu pada blog kizeh

Grafik diatas bisa dilihat di halaman search console masing-masing . Sebelum saya sendiri mengetahui penyebab dari penurunan ini , saya menganggap blog kizeh ini mengalaman penalty dari Google tetapi setelah ditelusuri ada kesalahan / bug dari program Google yang menyebabkan penurunan indeks ini .

Adanya bug ini dikonfirmasi oleh Jhon Mueller ( Google webspam team ) pada Google Hangout . Jhon mueller mengatakan bahwa ini sebuah insiden biasa . Google sedang memperbaiki data index mereka dan pada saat bersamaan terjadi sebuah bug yang mengakibatkan data indeks hilang , tetapi sekarang data index sudah kembali normal .

Berikut video Google hangout dimana Jhon Mueller memberi penjelasan terhadap masalah ini pada menit 5:35 yang ditanya Barry Schwartz seorang praktisi SEO  :


Ini kutipan dari pendapat jhon mueller yang menguatkan ini adalah sebuah kesalahan / bug :

[Translate] Saya pikir itu hanya kesalahan data yang normal . Suatu kesalahan yang terjadi pada perhitungan yang ditampilkan pada search console .

Konfirmasi tersebut menenangkan hati saya snediri , karena saya juga ikut cemas dan beranggapan saya terkena penalty Google . Berikut  kepanikan dan pertanyaan orang-orang tentang kejadian ini di forum Google webmaster dan Google+ .

Terkait : Cara agar artikel cepat terindex Google

Coba periksa statistik index di search console kalian , dan coba bagikan di kolom komentar disqus dibawah .

Terkait : Cara memasang komentar disqus 

Terima kasih

Gambar : Dokumentasi pribadi

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment