Ini dia keuntungan blog yang fokus pada 1 topik / niche bahasan


Ini dia keuntungan blog yang fokus pada 1 topik / niche bahasan



Keuntungan blog yang fokus pada 1 topik bahasan - Assalamualikum sahabat kizeh , sebelumnya kizeh juga pernah menyinggung persoalan topik blog , yaitu kizeh membagikan tips dan cara memilih topik atau niche blog yang menarik .

Tapi kenapa saya hanya memberi judul keuntungan saja dan tidak ada kekurangannya ? , karena saya percaya dan sudah merasakan bahwa blog yang membahas 1 topik bahasan itu memang lebih baik dari pada blog yang tidak fokus pada 1 bahasan dan semua topik ada disana .

Pendapat kizeh diatas bukan hanya opini saja , tetapi secara teori dan teknis saya sudah merasakan dan bisa saya bagi dengan sahabat semua .Saya tidak mau berlama lama , langsung saja saya jabarkan :

Keuntungan blog dengan 1 topik / niche bahasan

1 . Blog mudah diingat dan dikenali pengunjung dan bisa menjadi pusat referensi pengunjung untuk topik yang fokus kita bahas .

Tentunya dengan blog yang fokus terhadap satu pembahasan , seperti tutorial CMS blogger atau wordpress atau juga tentang otomotif akan bisa lebih cepat diingat pengunjung dan bisa dijadikan sumber referensi mereka .

Berbeda dengan blog gado gado yang memasukan segala topik bahasan pada blog mereka tanpa memahami dari bahasan mereka tersebut , seperti blog yang membahas tentang penyakit dan juga memasukan materi bahasan tentang gadget . Orang lain tidak akan terlalu memikirkan blog anda dan bisa dibilang hanya lewat dan baca , selesai .

2. Mengurangi bounce rate , page views tinggi  dan time per visit sangat tinggi dengan memanfaatkan inbound link 

Blog yang mempunyai dan fokus pada 1 topik / niche bahasan akan sangat mudah mengoptimasi blog mereka dalam melakukan inbound link . Dengan inbound link yang maksimal dan berkaitan satu sama lain , akan mengundang pengunjung untuk selalu mengikuti alur inbound link tersebut , yang pastinya akan membuat bounce rate turun , page views tinggi dan time per visit pun juga tinggi .

bounce rate , page views tinggi  dan time per visit sangat tinggi


Dengan page views per visitor yang tinggi bisa mengingkatkan pendapatan Google AdSense sahabat bagi yang menggunakan Google AdSense , seperti yang kizeh jelaskan pada artikel belajar meningkatkan pendapatan adsense hingga 2X lipat .

 3. Sangat mudah dimonetisasi atau mendapatkan uang dari blog tersebut

Ini salah satu keuntungan dari blog yang fokus pada satu bahasan . Monetisasi adalah cara mendapatkan uang dari blog , yaitu banyak cara tentunya . Tapi monetisasi yang paling mudah pada blog yang fokus pada 1 topik bahasan yaitu dengan menawarkan iklan mandiri .

Pengiklan akan sangat tertarik pada blog yang sesuai dengan usaha mereka , seperti apabila  kita mempunyai blog yang membahas gadget , pastinya akan mudah mendapatkan pengiklan di bidang gadget juga seperti penjual casing SmartPhone atau semacamnya .

Untuk lebih selengkapnya tentang mendapatkan uang dari blog sudah saya tuliskan pada artikel saya yang membahas cara mendapatkan uang dari blog sesuai keadaan blog .

4. Mudah untuk SEO 

Blog yang fokus terhadap bidang tertentu , akan sangat mudah untuk dioptimasi . Alasannya yaitu akan banyaknya keyword yang terkait atau biasa disebut keyword density , yang dimana akan terlihat alami tanpa ditambah-tambah dan terlihat lebay oleh search engine .

Pada penggunaan tag meta description pun sangat mudah dan fokus pada 1 bahasan dan tidak campu aduk . Berikut contoh meta description yang bagus ( 1 topik bahasan ) :
<meta name='description' content='Blog yang membahas tentang tutorial gadget , harga gadget , review gadget dan perkembangan gadget' />
 Dibawah ini adalah contoh meta description yang tidak efektif dan biasa terdapat pada blog gado-gado .

<meta name='description' content='Blog tutorial gadget , politik , cerita unik , moto GP' />

Lihat saja perbedaan antara dua meta description diatas , pasti sangat perbedaannya . Pada blog 1 bahasan akan lebih menarik pengunjung serta dipercaya oleh search engine bahwa blog kita pantas untuk dimasukan pada peringkat mereka untuk bahasan tertentu .

Terkait : Meta tag yang tidak ada gunanya dipasang untuk SEO 


Kesimpulan 

Sebenarnya tergantung kamu , apakah kamu ingin menulis blog dan satu topik bahasan atau bermacam-macam . Disini saya cuma memberi pengalaman saya selama nge-blog . Saran saya kalau kamu memang lebih ingin gado gado , buatlah blog berita atau website berita seperti merdeka , kapanlagi dan lain lain .

Membuat blog berita lebih baik dari pada membuat blog gado-gado yang isinya tutorial tapi campur , seperti blog yang membahas tutorial wordpress tapi juga memasukan tutorial otomotif .

Terima kasih

Gambar : greenhatworld.com dan dokumentasi pribadi


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment