Belajar mendapatkan uang dari Google AdSense hingga 2X lipat pada blog sepi pengunjung


Belajar mendapatkan uang dari Google AdSense hingga 2X lipat pada blog sepi pengunjung


Belajar mendapatkan uang dari Google AdSense hingga 100% pada blog sepi pengunjung - Assalamualaikum sahabat kizeh kali ini saya akan membagi tips bagaimana caranya meraup uang sebanyak mungkin pada Google AdSense walaupun dengan pengunjung yang tergolong tidak terlalu ramai .

Pada traffic kita mengenal yang namanya visitor atau pengunjung dan page views atau penayangan halaman website kita . Banyak sekali orang menyamakan page views atau biasa disingkat  PV dengan visitor  / pengunjung yang membuat mereka lambat untuk berpikir dalam SEO .

Untuk lebih jelasnya :
  •  Visitor yaitu orang yang mengunjungi website kita , pada sistem analisa traffic visitor dihitung pada setiap ip address yang berbeda . Satu orang pengunjung atau visitor biasanya akan dihitung 1 kali dalam 1 hari . 
  • Page Views ( PV ) yaitu berapa jumlah penampilan halaman website kamu dalam 1 hari , baik itu pada IP address yang sama atau tidak tetap akan dihitung setiap halaman ditampilkan .  Walaupun pada 1 visitor melakukan klik 30 , maka 30 itulah yang dihitung sebagai pageviews .

Nah jadi disinilah page views lah yang akan kita maksimalkan sehingga kita bisa meraup dollar sebanyak mungkin walaupun dengan sedikit pengunjunng yang ada pada blog kita .

Sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana cara kita mendapatkan dollar pada Google Adsense . Kita bisa mendapatkan dollar pada Google Adsense dengan CPC ( Cost Per Click ) , RPM dan PPS . Nah disini kita akan mengandalkan RPM , sebenarnya hitungan pada Google AdSense tidak semudah yang dibayangkan , tapi simpelnya pembayaran RPM bisa di katakan pembayaran per seribu tayangan .

Bukannya pada judul pengunjungnya sedikit ? bagaimana bisa mengandalkan RPM ?
Memang pengunjungnya sedikit , tapi disinilah kita akan pelajari cara meningkatkan penayangan halaman . Ingat yaa , ini penayangan halaman bukan visitor .

Nah maka dari itu walaupun visitor kita sedikit maka kita akan memanfaatkan visitor yang sedikit itu dengan page views yang banyak , atau bisa kita sebut page views / visitor ( Penayangan per pengunjung ) .

Mempunyai visitor yang sedikit bukan berarti penayangan halaman kita itu rendah , maka dari itu kita harus mempelajari cara memperbanyak penayangan setiap visitor ( Page Views per pengunjung ) .

Belajar meningkatkan Page Views 

1 . Pakailah design website yang menampilkan konten sebanyak mungkin . 

Banyak sekali blogger yang mempunyai blog yang bertopik tutorial tetapi memakai atau membuat design yang sebenarnya tidak cocok dengan topik pembahasan mereka . Pada blog yang memiliki topik tutorial atau berita haruslah sebisa mungkin menampilkan konten sebanyak mungkin , apakah itu di sidebar , dibawah postingan ( related post ) .

Pada homepage pun juga begitu , kita harus memaksimalkan ruang untuk menampilkan konten kita , karena setiap konten memiliki peluang untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung karena setiap kebutuhan pengunjung tersebut berbeda .


2. Usahakan fokus pada satu topik dan konten saling berhubungan 

Banyak sekali blogger yang kehabisan akal dan membuat blog yang membahas berbagai macam topik atau biasa disebut gado gado .

Terkait : Cara memilih topik blog yang tepat dan menarik

Cobalah untuk menentukan satu topik bahasan pada blog kita tersebut dan fokus pada pembahasan topik tersebut dan tentunya kita harus memahami topik tersebut .

Dengan topik yang memiliki topik yang sama , akan memperbesar peluang bahwasanya setiap konten yang kita buat itu berkaitan dan kita bisa membuat inbound link dari sana dan pastinya akan menarik pengunjung untuk membacanya karena mereka memang membutuhkan itu .

3. Buatlah judul semenarik mungkin tanpa meninggalkan keyword utama

Setelah kita sudah menerapkan tahap 1 dan 2 kita harus memperhatikan aspek ketiga ini , karena inilah kunci sukses . Kita harus membuat judul semenarik mungkin hingga meningkatkan keingintahuan si pembaca , teknik ini biasanya dikenal dengan click bait . 

Banyaknya tampilan halaman per pengunjung dan tentunya akan mengecilkan bounce rate dari blog kamu , dengan bounce rate yang kecil tentunya akan meningkatkan SEO pada website kamu karena dengan bounce rate yang rendah , search engine akan mempercayai website kamu memiliki konten yang memang bermanfaat .

4. Update terus , sehingga pengunjung terus ada bacaan baru 

Setelah 3 diatas sudah terlaksana sekarang saatnya kita untuk terus mengupdate konten pembahasan dan tentunya sesuai niche pada blog kita masing masing . Usahakan minimal ada 1 pengetahuan baru yang bisa didapatkan pengunjung pada blog sahabat .

Setelah semua aspek diatas sudah dilakukan maka tidak akan lama kemudian website kamu akan kebanjiran page views , tapi cobalah untuk terus meningkatkan visitor juga , dengan meningkatnya visitor tentunya page views akan meningkat juga .


Data analytics
Hasil dari ke-empat aspek diatas

Setelah kita dengan sabar maka tidak akan mustahil dan insya Allah kita akan mendapatkan hasil yang setimpal seperti gambar diatas , gambar tersebut diambil dari dashboard Google Analytics blog kizeh .

Terlihat bahwa ada 4.23 penayangan halaman pada setiap pengunjung , bila dibulatkan dan disimpulkan bahwa rata rata pengunjung blog kizeh membuka 4 halaman setiap kali berkunjung .

Sekarang kita masuk kepada penghasilan yang akan kita dapatkan dari page view yang meningkat 2 kali lipat dari sebelumnya , yaitu rata rata blog bisa menghasilkan 2 tampilan tayangan pada satu pengunjung , seperti data analytics ini :

Data analytics

Bisa kita bandingkan , bahwa apabila kita bisa menerapkan ke-empat aspek yang kizeh sebutkan diatas , maka tampilan tayangan akan meningkat sampai 2x lipat , tentunya masih dengan visitor yang sama .

Sebelumnya sahabat bisa melihat penjelasan yang terpercaya tentang RPM disini dulu .

Setelah sahabat melihat halaman pada link diatas , sekarang saya akan menjelaskan lagi . RPM adalah pendapatan yang dimana kita akan mendapatkan uang per seribu tayangan secara simpelnya , ingaat tayangan ya bukan visitor.

Perumpamaannya apabila kita dulu hanya mempunyai 2000 visitor dan setiap visitor menghasilkan 2 penampilan halaman ( Page Views ) dan setiap per seribu tayangan ( RPM ) kita ditaksir oleh Google mendapatkan 3$ , maka :

( 4000 / 1000 ) x 1$ = 4$ ( Setiap Hari ) 

Bayangkan setelah kita menerapkan 4 aspek wajib diatas dan mendapatkan hasil penayangan halaman hingga 2x lipat seperti gambar yang saya berikan diatas , yang dimana setiap pengunjung membuka 4 tampilan tayangan, jadi :

( 8000 / 1000 ) x 1$ = 8$ ( Setiap Hari ) *Meningkat 100% 

Maka dari itu kita sudah bisa meningkatkan penghasilan kita hingga 100% dari biasanya menggunakan Google Adsense hanya dengan memaksimalkan tampilan halaman per pengunjung blog kita .

Kesimpulan 

Memang menggunakan platform AdSense sangatlah menggiurkan , karena incomenya yang bisa dibilang sangat besar . Tetapi sebenarnya AdSense tidak cocok untuk semua keadaan blog , contoh diatas saya perlihatkan jika pengunjung sudah mencapai 2000 visitor , tapi bagaimana dengan blog sahabat yang hanya mempunyai 100 visitor sehari atau sebagainya , tentunya Google AdSense sangatlah tidak cocok .

Maka dari itu saya sudah membuat artikel tentang bagaimana cara mendapatkan uang sesuai keadaan blog sahabat .

Terima kasih , semoga bisa bermanfaat .

Gambar : Pixabay ( PDP ) dan dokumentasi pribadi
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment