Wikipedia merugi kehilangan banyak traffic dari Google , terkena penalty ?

Wikipedia ensiklopdia gratis


Wikipedia kehilangan banyak traffic dari Google , terkena penalty ?  - Assalamualaikum sahabat kizeh , berita kali ini datang dari wikipedia yang dikabarkan traffic organik mereka sangat turun , tentunya dari Google .

Penurunan traffic organik dari Google ini dibenarkan oleh CEO dari Wikipedia yaitu Jimmy Wales . Jimmy wales mengatakan bahwa ini bukan penurunan biasa yang datang kapan saja tapi ini penurunan traffic dalam waktu jangka panjang yang terlah terjadi dalam tahun ini .

Bahkan Roy Hinkis ( CEO Similarweb ) melakukan analisa dan menemukan bahwa telah terjadi kehilangan traffic sebesar 550 juta klik dalam kurun waktu 6 bulan yang dimana itu mencapai 20% traffic dari Wikipedia . Berikut gambaran traffic yang diberikan oleh similarweb terhadap perkembangan wikipedia dalam 6 bulan terakhir ( februari - July ) .


Wikipedia desktop traffic
Diambil dari similarweb ( PRO )


Tidak hanya pada tampilan desktop , pada tampilan mobile pun wikipedia mengalami penurunan yang sangat drastis dan mencengangkan .


Wikipedia mobile traffic



Apakah ini efek dari update algoritma Google Panda 4.2 ? sebenarnya belum dipastikan kebenarannya . Tetapi setelah ditelusuri bahwa ranking dari Wikipedia memang mengalami penurunan , bahkan dari brand brand besar seperti Google dan Facebook yang bisa dilihat dari data dibawah ini .


Organic keyword wikipedia


Data ini juga dibenarkan oleh tools dari searchmetrics pro yang melihatkan penurunan drastis dari traffic organik dari Wikipedia :


Wikipedia searchmetrics


Saya membuktikan sendiri bahwa wikipedia kehilangan ranking yang sangat jatuh sekali dari hasil SERP Goole , saya melakukan pencarian dengan keyword "Juara piala dunia 2014" yang dimana hasilnya bisa dilihat di bawah ini :

Penurunan SERP Wikipedia


Banyak sekali webmaster yang menganggap ini adalah efek dari algoritma Google Panda 4.2 , tapi juga banyak yang beranggapan lain , Google pun masih belum ada tanggapan atas kejadian ini . Apakah website sahabat juga berdampak sama seperti Wikipedia ?

Terima kasih

Gambar : Similarweb , searchmetrics dan dokumentasi pribadi


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment