Ketakutan dan Trauma

Seminggu setelah kecelakaan, gue tidak pernah keluar rumah menggunakan motor. Gue jadi lebih sering berjalan kaki. Hingga suatu hari, temen-temen kuliah mengadakan kumpul-kumpul. Karena jenuh di rumah mulu, gue pun memutuskan untuk ikut ke rumah Aldi—salah satu temen kampus. 

Kampretnya, nggak ada satu pun temen yang mau jemput gue.

Gue pun mencoba mengendarai motor. Di gang, gue seperti orang yang baru banget belajar motor. Masih goyang-goyang, kurang seimbang. Begitu di jalan raya, gue lebih berhati-hati. Gue yang biasanya selalu males berada di belakang mobil, tapi di  malam itu, gue malah ragu-ragu untuk menyalip kendaraan yang berada di depan. Pokoknya sangat santai mengendarai motor. Setiap kali ingin mengebut, gue melihat bekas luka yang ada di tangan gue. Seolah-olah luka itu bisa menceritakan setiap tragedi yang pernah gue lalui sebelumnya.

Sesampainya di rumah Aldi, gue menunggu Arif dan Sadam yang entah lagi di mana (mereka berdua juga temen kampus).

Setelah 15 menit menanti, datanglah mereka berdua.

“Lah, lu udah sampe duluan aja.” kata Arif. “Emang udah bisa ngendarain motor?”
Gue tersenyum. “Bisa, mau nggak mau ya gue paksain. Lu habisnya nggak mau jemput gue.”
“Emang lu beneran jatoh, Yog? Jatoh di mana, sih?” tanya Sadam.

Ini kenapa nggak ada yang percaya kalo gue jatuh deh? Ya, Allah.

Gue mulai menceritakan kejadian itu ke Aldi, Arif, dan Sadam. Mereka bertiga pun menyimaknya. Gue juga ngasih lihat mereka beberapa bekas luka di tubuh.

“Eh, beneran lu jatuh di situ?” tanya Sadam penasaran.
Gue mengangguk. “Iya, buset dah kagak percayaan amat lu.”
“Itu mah jalanan setan. Rawan banget di situ. Udah sering kejadian juga,” kata Sadam begitu yakin. “Bagus lu nggak ngapa-ngapa,” lanjutnya.

“Maksudnya jalanan setan gimana?” tanya Arif penasaran.
“Banyak yang akhirnya meninggal. Pas puasa malah ada ibu-ibu yang mati di tempat,” kata Sadam begitu santai.

*DHEG*

Innalillahi,” kata Aldi dan Arif kompak.

Gue langsung nggak berani pulang. Pengin nangis aja rasanya.

Serius, setelah Sadam bilang begitu, sekujur tubuh gue merinding. Kampret emang. Temen masih agak trauma, malah dia bilang kayak gitu. Dan malam itu, gue pun memutuskan untuk nginep di rumah Aldi. Cemen banget ya gue?

***

Gue udah sering banget mengalami kejadian-kejadian di jalan raya dengan motor: gue pernah menabrak motor orang dari belakang karena rem nggak pakem; gue pernah pas mau berangkat ke kantor, eh malah diserempet metromini; gue pernah jatuh sendiri karena menghindari anak kecil yang lari pas nyebrang, dan masih banyak hal lainnya yang males gue sebutin.

Namun, di antara itu semua, kejadian beberapa minggu kemarin lah yang membuat gue masih gemetaran ketika naik motor. Entah itu dibonceng, atau gue yang ngendarain. Apalagi sepulang dari rumah Aldi, gue tiba-tiba males naik motor lagi.

Yap, itu semua emang aneh banget.

Beberapa luka di tubuh memang sudah mengering, tetapi bekasnya masih selalu mengingatkan gue betapa sakitnya rasa luka itu. Lebih tepatnya, gue belum sembuh total. Fisik emang sudah terlihat sembuh, tapi psikis belum tentu. Ketakutan di dalam jiwa itu masih terus membayangi.

Terkadang gue juga berpikir, ini kok ada hubungannya sama jatuh cinta. Atau emang gue aja yang suka mengkaitkan suatu hal ke cinta? Ah, gapapalah. Cinta kan memang universal. Asyek.

Gue (atau lebih enak dibaca kita) pasti pernah mengalami luka di hati, atau patah hati. Beberapa temen gue malah ada yang trauma untuk pacaran. Mereka susah percaya lagi dengan seseorang yang telah mengecewakan, atau bahkan mengkhianatinya. Gue juga pernah jomlo setahun lebih karena diselingkuhin sama pacar.

***

Kemarin Sabtu, gue udah mulai masuk kuliah. Saat gue  memakai sepatu, Nyokap menghampiri gue dan bertanya, “Kamu udah masuk kuliah hari ini? Beneran mau bawa motor sendiri ke kampus? Nggak nebeng aja sama temen?”

Gue pun jadi inget sama keraguan Nyokap waktu pertama kali mengajak seorang pacar ke rumah.

***

Waktu itu, gue mengajak Rani (bukan nama sebenarnya) ke rumah. Setelah 3 bulan pacaran, gue memang berinisiatif untuk mengenalkan pacar kepada orangtua. Bagaimana pandangan orangtua terhadap orang yang gue pilih menjadi pasangan.

Nyokap bilang, “Itu pacar kamu?”
“Iya, pacar Yoga,” jawab gue. “Kenapa emang, Bu?”
“Gapapa. Baik, sih, kelihatannya. Manis juga. Berarti kamu udah nggak takut diselingkuhin lagi?”

Gue speechless.

Iya, setelah cerita ke Nyokap kalo gue pernah diselingkuhin sama mantan pas SMK.  Hampir setahun lebih nggak pernah ngenalin pacar atau ngajak cewek main ke rumah. Jadi, nyokap gue ragu ketika gue pacaran lagi. Bagusnya, Nyokap nggak pernah bilang, “Kamu ternyata masih suka cewek, Yog? Ibu kira kamu homo.”

Astagfirullah.

Emang, sih, setelah dibohongin sama seseorang yang udah benar-benar gue percaya. (lebih enak dibaca kita, ya?)

Oke, ralat.

Setelah dibohongin sama seseorang yang udah benar-benar kita percaya. Kita akan lebih berhati-hati menaruh kepercayaan ke orang lain. Atau bahkan, kita males percaya lagi.  Nah, masalahnya kalo kita terus-terusan takut, dan tidak percaya sama orang lain. Ujung-ujungnya kita akan menyusahkan diri sendiri. Sampai kapan kita mau seperti itu?

Gue mulai merenung, kayaknya banyak banget ketakutan-ketakutan yang ada di dalam diri gue. Ketakutan itu padahal kita sendiri yang membuatnya.

Seperti:
Gimana kalo gue jatuh dari motor lagi? Kalo nanti kecelakaannya lebih parah gimana?
Emang beneran dia baik? Mantan gue dulu juga awalnya baik, ujung-ujungnya tetep nyakitin.
Dia bisa dipercaya nggak, ya? Apa iya dia setia? Tar kalo gue diselingkuhin lagi gimana?

Kita terlalu banyak mikir yang bukan-bukan. Padahal itu cuma suara-suara yang membuat kita lemah. Gue jadi teringat sama masa kecil yang selalu berani mencoba sesuatu. Jarang banget takut akan sesuatu. Sekalinya takut, biasanya karena ditakut-takutin.

Coba aja mengamati anak kecil yang latihan berjalan. Seorang anak kecil awalnya berdiri dengan pegangan tembok, lalu lama-lama ia berdiri sendiri. Ia melangkah, kemudian terjatuh. Anak itu menangis. Setelah tangisnya reda, ia mencoba melangkah lagi, perlahan-lahan dia mulai bisa berjalan, sampai ia terjatuh lagi.

Anehnya, anak kecil ini malah tidak menangis, ia tertawa. Ia pun bangkit lagi, memulai langkah lagi, hingga akhirnya bisa berjalan. Entah berapa kali terjatuh, ia masih terus bangkit, dan terus melangkah. Dan pada akhirnya, ia benar-benar lancar berjalan maupun berlari.

Sumber : KLIK INI

***

“Ini habis sarapan Yoga mau berangkat, Bu. Nggak usah, berani kok ngendarain sendiri.”
“Ya udah, hati-hati ya, Le.”

Iya, gue mencoba untuk berani dan nggak mau trauma naik motor. Musibah atau kecelakaan memang nggak ada yang tau. Setidaknya, gue udah berusaha untuk berhati-hati.

Gue juga udah sadar, setiap hal pasti ada risikonya. Kalaupun nanti jatuh cinta dan disakitin lagi, gue tinggal bangkit dan tertawa seperti anak kecil yang tidak pernah takut mencoba. Masa gue kalah sama ketakutan yang ada di dalam diri sendiri? Jangan mau, lawan dong ketakutan itu. Yoi banget kan ini tulisan. Wuahaha.

Terima kasih.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment