Akhinya Facebook mengalahkan Google dengan referral traffic !!

Facebook mengalahkan Google dengan referral traffic
Picture Source : forbes.com

Facebook mengalahkan Google dalam referral traffic - Assalamualaikum sahabat kizeh , kali ini berita datang dari persaingan facebook dan si raksasa Google . Memang tak habis habisnya persaingan dari dua perusahaan raksasa ini .

Google dikenal sebagai penyumbang traffic yang sangat besar dan berpengaruh pada setiap website dan banyak sekali website yang sangat bergantung pada traffic organik Google , tetapi ternyata Facebok lebih berpengaruh dalam menyumbang traffic , yaitu traffic referal .

Website yang paling terasa mendapat traffic referal dari facebook ini yaitu website-website berita , hasil pada website analysis yaitu parse.ly menunjukan bahwa traffic yang disumbangkan oleh facebook kepada website berita telah melebihi dari traffic yang diberikan Google .


Data facebook vs Google
Source : Searchenginewatch , parse.ly



Terlihat pada grafik diatas bahwa memang traffic yang diberikan Google masih besar pada april 2012 hingga awal tahun 2015 , tetapi awal bulan 2015 adalah dimulainya tanda tanda bahwa facebook akan mengalahkan traffic dari Google dan pada bulan july kemarin Facebook sudah mendahului traffic dari Google pada website berita .

Data tersebut diambil oleh parse.ly dengan meriset  traffic dari 100 website peringkat teratas bersi comscore.com dan alexa.com yang dimana mayoritas adalah situs berita .

Memang tidak aneh melihat traffic yang diberikan Facebook pada website berita lebih tinggi dari pada Google , karena pengguna facebook yang sudah mencapai 1,44 milliar di seluruh dunia dan pastinya mereka sangat haus akan berita dan lebih banyak menghabiskan waktu di facebook dari pada di search engine Google . Memang tidak meherankan bahwa situs situs berita banyak memakai Facebook Ads sebagai media traffic mereka .

Tapi memang tidak dipungkiri untuk website yang menyediakan tutorial-tutorial masih mengandalkan Google sebagai traffic utamanyanya karena orang lebih banyak menggunakan search engine untuk menemukan tutorial .

Untuk kelanjutannya masih belum tahu apakah Facebook akan masih tetap mengungguli Google dalam menyumbang traffic ke website berita atau berbalik arah .

Terima kasih


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment