Peralatan kizeh dalam nge-blog selama ini nih !!!

Peralatan kizeh dalam nge-blog selama ini nih !!!

Senjata yang kizeh dalam nge-blog selama ini nih !!! - Assalamualaikum sahabat kizeh , gimana kabar hari ini ? baik baik saja kan , kalau tidak baik silahkan curhat di kolom komentar hehe .

Alhamdulillah blog ini sudah lumayan lama berdiri dan terus berusaha memberikan informasi seputar CMS blogger , SEO , komputer , ebook yang keren dan bloggingngannya saya sendiri , tentunya tentang seputar teknologi saat ini .

Di media sosial kizeh , fanspage blog ataupun Fanspage pribadi banyak sekali yang bertanya , apa saja tools yang kizeh gunakan dalam ngeblog .

Sebenarnya ngeblog itu mudah sekali , bahkan bisa menjadi salah satu pekerjaan termudah di dunia ini , tugasnya cuman nulis nulis doang , itupun diketik gak ditulis . Dengan sepuluh jari 1 artikel panjang sangat mudah untuk kita kerjakan .

Yang harus diperhatikan dalam ngeblog : 

 

1. Konten 

 

Suatu blog atau web personal itu pasti mempunyai konten , kalau tidak ada konten tidak web personal atau blog namanya . Dari konten lah kita akan mempunyai pembaca , bahkan jika tulisan kita sangat bagus kita bisa mendapatkan pembaca tetap .

Kualitas sebuah blog juga diukur dari konten yang ada pada blog tersebut . Blog yang bagus akan terlihat dari kontennya informatif dan penulisannya yang rapi .

2. Design 


Ternyata design sangat amat mempengaruhi pengunjung sebuah blog . Menurut kizeh design / template blog yang paling baik yaitu template yang memiliki navigasi konten yang bagus dan mendalam pada template  tersebut . Maksudnya , blog adalah web yang mengandung konten-konten , jadi semakin mudah pengunjung melihat isi konten yang ada pada blog kita  bahkan artikel yang sudah lama , maka akan semakin banyak PV ( pageviews ) yang bisa didapatkan .

Jadi , intinya kita harus memanfaatkan template kita untuk bisa menampilkan konten konten yang ada pada blog kita secara maksimal .

"Tapi saya tidak pandai soal coding codingan kizeh ? "

Sudah banyak sekali web designer menyediakan template untuk berbagai CMS di website mereka masing masing , ada yang gratis dan ada yang berbayar , tinggal kitanya pandai dalam memilih yang cocok untuk blog kita . 

3. SEO 


Siapa bilang SEO itu tidak penting bagi sebuah blog ? yang bilang enggak itu termasuk orang orang yang merugi haha , kecuali blog tersebut memang punya dari orang terkenal . SEO memudahkan orang mencari blog kita , sehingga tulisan yang kita buat tidak sia sia .

SEO membuat kita menjadi hemat waktu untuk mempromosikan blog kita di media sosial atau lainnya , karena dengan SEO blog kita akan dipromosikan search engine secara langsung .

Jadi , untuk menunjang 3 faktor penting ngeblog diatas , kizeh memiliki senjata-senjata untuk menanganinya , apakah saja itu ? .

 Peralatan ngeblog umum : 

blogger

CMS yang kizeh gunakan pada blog ini yaitu Blogger . Blogger adalah CMS yang berasal dari google , tentunya untuk kualitas CMS blogger sangat bagus , mulai dari Server yang jarang bahkan hampir tidak sama sekali down . CMS blogger juga gratis jadi kita tidak usah pusing memikirkan biaya sewa hosting . Blogger juga sangat friendly user dibandingkan CMS lainnya , maka sangat cocok bagi newbie newbie seperti kizeh ini . Untuk membuat sebuah blog cukuplah untuk memakai CMS blogger ini . Bagi yang ingin memakai CMS blogger ini , bisa dilihat di  >> Cara bikin blog gratis dengan blogger .


IDwebhost

Tentunya kizeh sudah membeli domain sendiri , karena tahu keuntungan apa saja kalau kita memiliki nama domain sendiri tanpa bawaan dari CMS seperti blogger , untuk ulasan lengkapnya sahabat bisa baca di >> Kenapa memakai domain TLD berbayar ?


Disini kizeh membeli domain di web hosting idwebhost.com , untuk pelayanan idwebhost sangat cepat dan tanggap . Ada juga yang lainnya yang bisa dicoba , yaitu Niagahoster atau idhostinger .

Terkait : Niagahoster : Salah satu hosting termurah di Indonesia


Peralatan konten 

Peralatan untuk konten bertujuan untuk melihat dan memberi inspirasi tentang artikel yang kita buat sehingga menambah kualitas konten itu sendiri .

Google trends

Google trends berguna untuk melihat , apa apa saja yang sedang populer sehingga bisa menjadi inspirasi .

CopyScape

Ini digunakan untuk mengecek keunikan dari artikel yang kita buat .

Wikipedia

Ini berguna untuk mencari informasi yang memang akurat dan bisa dipercaya , wikipedia adalah web authority  yang sangat di rekomendai untuk mencari informasi .

TinyPNG

Ini salah satu software online andalan saya untuk membuat sebuah artikel . Artikel yang bagus dan baik menyertakan gambar untuk ilustrasi dan keperluan lainnya . Software ini berguna untuk memperkecil ukuran gambar tersebut tanpa mengurangi kualitas , sehingga artikel kita tersebut tidak berat untuk diakses pengunjung .

Terkait : Tips bagi blog yang banyak gambar 

GIMP


Ini adalah tools untuk mengedit gambar yang akan saya gandengkan dengan artikel saya agar lebih bagus . Software ini juga gak harus beli , jadi menghindari kita memakai software bajakan seperti photoshop yang harus beli atau corel draw yang juga harus beli .

Terkait : Tips mencari gambar untuk konten 

Iconfinder.com

Website keren ini adalah tempat dimana kizeh mencari icon icon keren untuk disetakan di dalam artikel . Banyak sekali icon yang terdapat di website ini , mulai dari yang gratis dan berbayar . Icon favorit kizeh di website ini yaitu icon flat UI .   

Pixabay.com

Website ini berisi gambar-gambar keren dari berbagai fotografer ataupun orang orang multimedia . Di sini sahabat bisa mencari gambar  yang sesuai dengan konten sahabat , tentunya walau gratis jangan lupa berterima kasih kepada setiap akun yang mempunyai gambar terkait . 

Peralatan design

Peralatan untuk design ini berguna sekali dalam membuat template sendiri atau redesign sebuah template , untuk yang tidak bisa coding tidak perlu pusing , karena sudah banyak template gratis dan tinggal dipilih .

Notepad ++

Ini adalah tools yang sangat keren untuk melakukan pengkodingan . Software ini sangat ringan dan user friendly . Ingat Notepad ++ bukan Notepad biasa aja . Software ini juga satu satunya menjadi andalan saya untuk ngoding web .

Adobe Color Wheel 
 
Notepad memiliki kelemahan , dia tidak khusus menjadi software pembangun web , jadi tidak tersedia tools pencari warna dalam kode hexa . Jadi kizeh gunakan adobe color wheel untuk melihat kombinasi warna yang bagus dan mencari kode hexa nya untuk diterapkan di design web .

Google Mobile Friendly 

Ini tools utama acuan kizeh apakah blog kizeh sudah mobile friendly atau tidak , karena kalau pada tools ini sudah dikatakan bahwasanya blog kita mobile friendly berarti kita sudah aman di google dari algoritma terbarunya mobilegeddon .

Google PageSpeed Insight

Tools ini juga sebagai acuan blog kizeh , apakah sudah lulus uji speed dari google . Google sekarang sudah ada penlabelan apakah  blog tersebut lambat atau cepat , dan blog dengan speed tercepatlah yang bisa didulukan , coba cek dulu disini .

Peralatan SEO 

SEO sangat penting , apalagi bagi blog yang ingin mendatangkan penghasilan dari blog tersebut . Tentunya untuk melakukan SEO sudah ada tools pendukungnya , mulai dari yang disediakan langsung oleh search engine bersangkutan hingga tools yang disediakan pihak ketiga .

- Google Webmaster

Tools ini adalah tools wajib bagi yang ingin tenar di Google Search Engine  . Pada tools inilah kita melakuka submit sitemap . Submit sitemap berguna supaya google lebih mudah dan cepat mengindeks setiap artikel kita . Fungsi lainnya yaitu kita bisa mengontrol bagaimana keadaan blog kita di mesin pencari google , contoh untuk melihat backlink dan queries pada blog kita .

Terkait : Cara mendaftar webmaster google

- Bing Webmaster tools

Sama fungsinya seperti google webmaster , tapi ini khusus untuk Bing Search Engine . Jadi yang juga ingin eksis di Bing Search engine , bisa memakai tools ini .

Terkait : Cara mendaftar webmaster Bing

 - Google submit URL 

Tools ini tools favorit kizeh dalam SEO . Tools ini berguna untuk mempercepat pengindeksan artikel baru kita di Google . Bagi yang gak suka nunggu lama hehe .

- Bing submit URL 

Sama saja fungsinya dengan google submit URL , namun ini khusus pada Bing search engine .

Terkait : Cara agar artikel cepat terindex di search engine 

- Moz Open Site Explorer

Berguna untuk cek DA dan PA . DA dan PA sekarang sudah menjadi acuan bagaimana keadaan blog tersebut dalam mesin pencari  , semakin tinggi skornya semakin baik . Skor DA dan PA berkisar antara 1 - 100 .

Terkait : Google PageRank mati !! DA dan PA beraksi .
Terkait : Perbedaan DA dan PA dengan PageRank  

- Ahrefs 

Tools keren yang berguna untuk melihat backlink , cek queries , cek backlink kompetitor dan sangat banyak sekali fitur yang ada pada tools keren ini . Sayangnya kita harus menjadi member premium dulu agar bisa menggunakannya secara maksimal .

Google Adwords Keyword Tools

Tidak tindakan SEO namanya kalau gak ada riset keyword . Riset keyword kita lakukan agar tahu kata kata apakah yang digunakan seseorang untuk mencari sebuah artikel yang berguna baginya . Maka google adwords adalah tools wajib untuk melakukan riset keyword .

Terkati : Jasa riset keyword gratis

ubersuggest.org

Tools ini kizeh jadikan sebagai pendamping dari google adwords keyword tools , mau tau cara kombinasinya ? , coba sahabat cek di >> Cara riset keyword yang benar 


Kesimpulan 

Banyak sekali software software yang bisa kita gunakan dalam nge-blog , baik offline ataupun online . Sebenarnya masih ada lagi peralatan yang kizeh gunakan , tapi yang diataslah yang paling sering digunakan . Semoga bisa menjadi referensi bagi sahabat semua . Mungkin peralatan diatas sudah biasa sekali , tapi beginilah adanya kizeh hehe , gak sehebat blogger keren lainnya . 

Terima kasih 
 
Gambar : pixabay (mwewering)
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 comments: