cara bikin website gratis sendiri

cara bikin website gratis sendiri
cara bikin website gratis sendiri - Assalamualaikum , sekarang dunia sudah serba digital , bahkan sekarang di bidang bisnis yaitu bidang pemasaran sudah beralih ke internet .

Tentunya untuk melakukan sebuah marketing pada dunia maya diperlukan yang  namanya website . Untuk membuat sebuah website kita memerlukan sebuah Hosting , yaitu dimana kita meletakkan semua data kita pada website .

Sebenarnya kita bisa mendapatkan hosting gratis melalui platform seperti blogger , tapi menggunakan blogger kita sama saja menumpang ke rumah orang lain ( google ) dan tentunya fitur yang ditawarkan tidak seluas apabila kita mempunyai hosting sendiri .

Untuk mendapatkan hosting , kita harus menyewa sebuah hosting pada sebuah perusahaan hosting , lho kok nyewa ? bukannya judulnya gratis ? .

Disini kizeh akan memberikan sebuah layanan hosting gratis oleh sebuah perusahaan hosting , yaitu Hostinger . Tentunya hosting gratis ini tidak seperti kualitas pada hosting berbayar , tapi cukuplah buat membuat website sederhana , kalau sahabat mau membuat sebuah website yang ruwet janganlah harap hosting gratis ini menampung semuanya .

cara bikin website gratis sendiri

1. Seperti yang kizeh bilang , kita akan menggunakan hosting gratis dari hostinger , masuk ke sini

2. Setelah itu buat akun dahulu , kita bisa mendaftar dengan google ataupun facebook biar lebih cepat , kalau ingin akun baru bisa juga isi form , disini kizeh sendiri mendaftar pakai facebook .

cara bikin website gratis sendiri

3. Setelah terdaftar , anda akan langsung diarahkan pada halaman pemilihan hosting , pilih yang gratis dengan klik tombol "order" . 

cara bikin website gratis sendiri

4. Pada halaman berikutnya , isi seperti gambar dibawah ini . 


cara bikin website gratis sendiri

Penjelasan :
1. Kita pilih subdomain apabila kita tidak mempunyai domain berbayar seperti .com .net , kita menggunakan yang gratis saja
2. isi kolom sesuai nama domain yang anda inginkan , disini saya buat contoh.esy.es
3. Isikan password , ini digunakan apabila kita memasuki hosting .

5. Setelah itu , lakukan verifikasi dan klik order .

cara bikin website gratis sendiri


6. Tentunya kita harus menggunakan sebuah CMS untuk memudahkan kita untuk mengelola sebuah website . Disini kizeh merekomendasikan wordpress sebagai CMS pilihan , karena user friendly dan sudah terkenal , sebenarnya CMS ini sesuai kebutuhan kita , apabila kita akan membuat website yang fokus ke blogging , maka wordpress memang pilihannya , tapi kalau untuk forum bisa memakai phpbb atau mybb . Klik alamat domain tadi dan pilih auto installer dan pilih wordpress  .

cara bikin website gratis sendiri

7. Setelah itu kita atur setingan yang diberikan dan pilih install . 

cara bikin website gratis sendiri

Pada url kosongkan saja , lalu isi username dan password ( wajib diingat ) dan isi judul website sahabat .

8. Tunggu instalan dan selesai . Coba kunjungi nama website sahabat tadi , pasti sudah bisa diakses . Pada wordpress untuk memasuki ruang pengaturannya yaitu dengan menambahkan /wp-admin di belakang domain sahabat , contoh www.domian-anda.com/wp-admin , lalu masukan username dan password sahabat tadi . 

9 . Untuk menggunakan wordpress , banyak sekali tutorial yang bisa sahabat dapatkan di luar sana , coba saja cari tutornya di google . 


Kesimpulan 

Membuat sebuah website tidaklah sulit , apabila ada keraguan , bisa ditanyakan langsung di artikel ini , kizeh akan berusaha menjawabnya secepatnya . Apabila sahabat tetap masih bingung , padahal ingin membuat website sederhana saja seperti blog , sahabat bisa memakai platform blogger saja yang pemakaiannya sangat mudah , sahabat bisa lihat disini --> Cara bikin blog gratis baru di blogger .

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking dan jangan lupa share ke media sosial sahbaat semua , share sahabat sangat berguna bagi blog ini . 

Terima kasih 

Gambar : Dokumentasi pribadi 
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment