Tips dan trik membuat blog yang menarik

Tips dan trik membuat blog yang menarik


Assalamualaikum sahabat kizeh,

Sebelum membuat artikel ini , ini adalah alasan kenapa saya membuat artikel ini :


Cara ngeblog gimana ya ?
Saya udah ngeblog lama , tapi masih gitu" aja , kenapa ya ?
Bagi ilmunya dong mas......... ?  //Ilmu silat mas ? haha

Sebenarnya sudah banyak tips yang saya berikan kepada sahabat semua tentang cara seluk beluk ngeblog , dan kususnya yang pakai CMS blogger . Mulai dariyang dasar yaitu :

Cara membuat blog dengan mudah 

Cara membuat blog yang menarik

Sekarang kizeh mau merangkum semua tips dan trik nge-blog yang pernah kizeh share dan sedikit tambahan di artikel ini . Tetapi sebelum kita ngeblog, kita harus tahu dahulu apa tujuan kita dari ngeblog dan kenapa kita ngeblog ?

Tujuan kita ngeblog ?

Tujuan dari nge-blog


Sebelum kita ngeblog , kita harus tahu dahulu , kenapa kita ngeblog dan apa tujuan kita dari ngeblog . Selama dan saat ini mungkin banyak yang menjawab saya emang suka nulis , saya cuma mau berbagi , saya ingin terkenal dan saya ingin jadi kayak kayak blogger sukses lainnya.

Memang tujuan kita dari ngeblog itu hampir semua berbeda-beda , tetapi kita pasti mendapat manfaat yang sama dari ngeblog ini sendiri , apa saja manfaat kita dari ngeblog ?

Manfaat nge-blog

1. Melatih pribadi yang disiplin

Ngeblog itu ternyata dapat melatih diri kita menjadi disiplin . Untuk ngeblog , dan menjadi blogger yang baik , kita haruslah selalu update terhadap blog yang kita pegang . Blog yang jarang update akan mendapat sikap negatif dari pengunjug dan pada lari , karena blog kita yang tidak update informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung dan hanya berisi informasi itu itu saja. Makanya kita harus pandai mengatur waktu untuk ngeblog dan update , yang akan berimbas pada kepribadian kita nantinya .

2. Menjadi penulis handal 

Ngeblog identik dengan tulisan / artikel / konten. Memang blog adalah termasuk website personal , yang dimana isinya mengandung artikel atau tulisan-tulisan . Ketika ngeblog kita akan terlatih sendiri ketika selalu update artikel yang kita tulis sendiri "Keuntungan menulis artikel original yang tidak disadari" . Bagi blogger yang tidak menulis artikel sendiri dan hanya copy-paste akan merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain "Cara ampuh mengetahui blog yang mengcopy artikel kita / plagiat" .

3. Membantu orang lain

Dengan aktivitas blogging kita yang sehat, seperti memberikan informasi yang sangat berguna bagi orang lain secara langsung akan membantu pengunjung tersebut . Ketika kita membantu dan pengunjung tersebut terasa terbantu , kita sudah menolong sesama.

4. Memperluas jaringan pertemanan  

Aktivitas blogging kita sendiri akan membawa kita bertemu dan kenal dengan banyak orang yang berbeda dari dunia maya . Kita juga bisa saling mengenal antar sesama blogger dan bisa saling sharing . Dengan banyak teman dan jaringan kita akan tidak langsung dikenal , dengan dikenalnya kita , kita akan mudah menjalani bisnis di internet karena kepercayaan orang yang memang sudah mengenal kita .

5. Penghasilan

Ini adalah manfaat yang secara tidak langsung akan berimbas kepada kita . Sekarang dunia maya sudah seperti pusatnya dunia marketing , seperti iklan dan promosi lainnya . Tentunya ketika kita mengurus blog dengan baik dan membuat ramai blog kita , maka akan sendirinya ada orang yang akan ingin bekerja sama dengan kita soal iklan atau kerja sama lainnya yang menguntungkan kedua pihak . Penghasilan pun bisa kita dapatkan dengan menjalankan bisnis penyedia iklan seperti google adsense ( Cara mendaftar google adsense di blogger ) , kliksaya ( lokal ) dan masih banyak lagi seperti progtam affiliasi , contohnya affiliasi lazada ( Cara mendaftar affiliasi lazada ) .

Setelah kita mengetahui dan  menentukan apa tujuan kita untuk nge-blog , tentunya kita harus mempunyai blog dahulu , bagi yang belum tahu cara buat blog dan masih bingung memilih CMS mana untuk ngeblog , kizeh sarankan memakai blogger saja , karena tampilan yang lebih user-friendly "Cara membuat blog dengan mudah"

Memulai nge-blog

Memulai nge-blog


1. Tentukan topik/niche

Setelah blog kita sudah ada , yang harus kita lakukan dahulu yaitu menentukan topik/niche dari blog tersebut . Sekarang banyak sekali yang asal-asalan menentukan topik blog ,malah ada yang campur aduk . Tentunya blog kita lebih bagus dengan topik yang lebih spesifik , jadi orang tahu kemana harus pergi ketika membutuhkan informasi . Blog kita pun akan lebih mudah di optimasi apabila topik kita tertarget dan tidak asal-asalan , selanjutnya "Tips memilih topik blog yang menarik" .

2.  Desain / mengatur tampilan blog (template)

Sebelum kita memulai menulis konten pada blog , kita aturlah dahulu sedikit tampilan dari blog agar tidak berantakan . Apabila sahabat sudah pusa dengan template yang disediakan blogger juga tidak apa-apa , bagi yang merasa masih kurang bisa mencarinya di google dan mencari yang sesuai dengan topik blog sahabat dan memasangnya di blog "Cara mengubah template blog blogger"

3. Mulai menulis 

Blog sudah ada , topik sudah ditentukan , langkah selanjutnya yaitu menulis atau mengisi konten pada blog kita , apabila tidak ada konten , apa yang akan dibaca dan dilihat pengunjung . Buatlah artikel yang sesuai dengan topik yang telah kita tentukan pada yang pertama tadi . Untuk diingat kembali , ciri-ciri konten yang baik adalah yang informatif dan interaktif dan selanjutnya lebih lengkap bisa baca di "Konten artikel menarik dan berkualitas"

4. Fokus

Jika kita sudah memulai blog dan sudah membuat konten-konten pada blog kita yang sesuai dengan topik . Maka yang kita harus lakukan adalah fokus  . Fokus disini yaitu fokus terhadap blog yang telah kita buat dan benahi , dan fokus terhadap niche atau topik yang kita dalami pada blog kita , jangan sampai terpengaruh dengan yang lainnya .

5. SEO ( Search Engine Optimization ) 

Setelah semua diatas sudah kita penuhi , selayaknya kita malakukan kegiatan yang namanya SEO ( Search Engine Optimization ) , yaitu kegiatan yang meningkatkan hasil pencarian dari blog kita pada search engine atau mesin telusur . Dengan memanfaatkan teknik SEO , maka akan meningkatkan traffic pengunjung pada blog kita . Pada dasarnya , teknik SEO itu ada dua , yaitu onpage dan offpage . Sebelum mengenal tentang kedua teknik tersebut , alangkah baiknya sahabat memahami betul tentang pada itu SEO dan faktor apa saja yang mempengaruhinya disini "Belajar SEO" . Setelah sudah yakin dan paham tentang apa SEO itu , silahkan sahabat mendalami cara memaksimalkan pemakaian teknik SEO onpage dan Offpage di :

- Cara memaksimalkan teknik SEO onpage yang benar
- Cara memaksimalkan teknik SEO offpage yang benar

6. Blogwalking

Blogwalking adalah aktifitas dimana kita mengunjungi suatu blog dan meninggalkan jejak seperti berkomentar di dalamnya dan ingat jangan melakukan spamming . Dengan melakukan blogwalking kita bisa mendapatkan manfaat :

- Mendapat inspirasi dari setiap blog yang dikunjungi
- Menjalin silahturahmi
- Melihatkan eksistensi kita di dunia maya

Ada yang bilang blogwalking adalah tempat mencari backlink , sebenarnya bisa juga asalkan blog yang kita kunjungi membolehkan link aktif atau blog tersebut blog dofollow dan asalkan link kita itu memang berkaitan dengan artikel yang dimaksud . Tapi jangan blogwalking hanya semata-mata hanya mencari backlink , masih banyak keuntungan backlink seperti saya tuliskan diatas.


7. Jangan terlalu cepat puas / Selalu belajar

Ketika kita sudah memiliki blog yang ramai dan ilmu kita mungkin sudah mumpuni dalam dunia internet marketing . Mungkin sebaiknya jangan kita bertinggi hati dahulu , karena setiap waktu internet itu akan berubah dan akan berubah setiap waktu . Maka apabila kita terhenti sejenak maka kita akan ketinggalan .

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking dan jangan lupa tolong share ke media social sahabat semua jika sahabat peduli terhadap sesama blogger .

Terima kasih

Gambar : Pixabay ( Nemo , Geralt , muratkalenderoglu, RyanMcGuire )


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment