Apa pengertian,penjelasan dan sejarah linux buntu

Apa pengertian,penjelasan dan sejarah linux buntu

Assalamualaikum sahabat kizeh,

Apa itu ubuntu ? , semenjak berada di pikiran kita saat mendengar kata tersebut , sesungguhnya kata ubuntu tidak janggal di telinga orang yang suka dengan komputer dan software maupun hardwarenya. Tapi bagi orang yang baru menjejaki dunia komputer pasti sangat bingung apa itu ubuntu dan juga apa itu linux ? , karena orang baru pada komputer pasti hanya tahu pada sistem operasi windows yang memang umum digunakan di Indonesia .

Pengertian Ubuntu 

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan menjadi perangkat lunak sistem operasi yang bebas. Secara singkat dan jelasnya yaitu Ubuntu adalah sejenis sistem operasi yang berbasiskan Linux Debian.

Ubuntu adalah proyek yang disponsori perusahaan Canonical LTD , yang berasal dari Afrika Selatan . Nama Ubuntu pun juga berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama".

Ubuntu ditujukan untuk penggunaan secara pribadi , namun ubuntu juga disediakan dalam bentuk sistem operasi ubuntu server .

Varian atau macam dari ubuntu sangat banyak yaitu Kubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Edubuntu, Mythbuntu, Blackbuntu. Namun hanya 3 yang dibiayai resmi dari Canonical LTD , yaitu Xubuntu, Lubuntu dan Kubuntu.

Macam-macan Linux Ubuntu :

1. Kubuntu

Kubuntu

Pada kubuntu lebih memakai sumber daya yang lebih besar dari pada pemakaian ubuntu biasa . Pada kubuntu memakai desktop environment K-Plasma .

2. Xubuntu

 Xubuntu

Xubuntu adalah ubuntu yang memakai desktop environment Xfce . Xubuntu lebih membutuhkan sumber daya yang lebih sdikit .

3. Lubuntu 

Lubuntu

Lubuntu adalah ubuntu yang memakai desktop environmet LXDE . Lubuntu adalah ubuntu yang paling sedikit membutuhkan sumber daya .

3. Edubuntu

Edubuntu

Edubuntu adalah ubuntu yang ditujukan untuk penggunaan rumahan dan sekolahan . Edubuntu adalah gabungan dari Ubuntu dengan GNOME desktop environment.

4. Mythbuntu

Mythbuntu

Mythbuntu memakai desktop environment xfce , sama dengan yang digunakan oleh Xubuntu . Mythbuntu ditujukan untuk membuat teater rumahan dengan MythTV.

5. Blackbuntu

Blackbuntu adalah ubuntu yang digunakan untuk para pengguna advance seperti hacker peretas . Seperti namanya , blackbuntu biasa digunakan untuk meretas jaringan, peretas keamanan, digital forensic.


Pada desktop ubuntu memakai desktop environment graphic , desktop ubuntu yang paling terkenal yaitu :

1. GNOME

GNOME

GNOME adalah desktop environment standar dari ubuntu . GNOME pun memnjadi desktop environment paling terkenal pada sistem operasi Linux .Sekarang ini sudah ada versi GNOME yang terbaru , yaitu GNOME shell dengan tampilan yang lebih menarik.

2. Unity

Unity

Unity mulai dipakai sejak ubuntu pada versi 11 . Berbeda dengan yang lainnya , Unity bukanlah kumpulan dari beberapa software melainkan hanya sebuah environment yang menggunakan gtk+ yang sudah ada dan dibawah platform GNOME.

3. Plasma KDE

Plasma KDE

KDE atau K Desktop Environment adalah desktop standar pada Ubuntu . Pada KDE terkenal dengan adanya K-plasma , tapi untuk memakai desktop ini harus memiliki hardware yang mumpuni , makanya tidak semua komputer dapat memakainya .

4. Xfce

 Xfce

Xfce adalah desktop environment pada Xubuntu . Desktop Xfce ditujukan untuk penggunaan daya yang sedikit dari hardware . Tetapi Xfce masih memiliki daya yang lebih tinggi dari pada LXDE.

4. LXDE 

LXDE


LXDE adalah desktop environmet standar dari Lubuntu . LXDE ditujukan untuk pemakaian sumber daya yang lebih sedikit pada hardware.

Sejarah ubuntu

Ubuntu adalah turunan dari debian dan andalan dari linux debian . Ubuntu diciptakan untuk bertujuan dijadikan sebuah sistem operasi Linux yang mudah untuk digunakan .

Ubuntu pertama kali di publikasikan oleh Canonical LTD pada 20 oktober 2004 dan terus diupdate setiap 6 bulan sekali . 

Ubuntu sekarang dipegang dan dipegang oleh perusahaan canonical ltd . Pada juli 2005 , pemilik canonical Mark Shuttleworth mendirikan ubuntu foundation dan memberikan dana awal sebesar $10juta. Ini bertujuan untuk memastikan pengambangan dan pemakaian dari ubuntu yang terus berkembang.

Berikut gambar tabel perkembangan sejarah versi dari ubuntu :

Perkembangan ubuntu versi ke versi terbaru
Sumber Wikipedia (Klik perbesar)

Kesimpulan

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Linux . Ubuntu memiliki banyak varian maca dan juga memiliki tampilan desktop yang bermacam-macam . Ubuntu update setiap 6 bulan sekali oleh perusahaannya yaitu canonical ltd.

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking tapi jangan nyepam dan jangan lupa tolong share ke media sosial sahabat semua jika sahabat peduli dengan blog ini . 

Terima kasih

Gambar : Wikipedia dan dokumentasi pribadi






SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment