Kebiaasaan Orang Indonesia Saat Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang atau waktu tunggu sampai jam berbuka puasa, jika pada jaman dulu orang mengisi waktu ngabuburit dengan membaca alquran maka sekarang sudah mulai berubah dan diganti dengan kegiatan lain. Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang saat ini jauh berbeda dengan zaman dulu.


Perubahan zaman memang selalu membuat segalanya terutama aktivitas manusia juga ikut berubah. Nah, apa yang dilakukan orang zaman sekarang saat ngabuburit? Yuk intip beberapa Kebiaasaan Orang Indonesia Saat Ngabuburit :

    1.    Nongkrong
Menunggu jam berbuka sendirian terasa sedikit jenuh memang sehingga mereka yang tidak ada aktivitas apapun lebih memilih untuk nongkrong sekedar berbicara dengan keluarga ataupun sahabatnya, tapi ingat ya tidak boleh bergosip apalagi bulan puasa, 

    2.    Jalan-Jalan
Jalan-jalan sore habis sholat ashar juga seru lo sambil menikmati sore hari dengan kawan-kawan maupun keluarga, waktu yang dihabiskan untuk jalan-jalan tidak terasa sehingga tidak terasa sangat lama menunggu waktu berbuka. Menikmati pandangan yang ada di sebelah kiri dan sebelah kanan juga bisa membuat otak kembali refresh.

    3.   Berburu Takjil
Takjil merupakan bagian penting untuk pelengkap menu buka puasa, kamu bebasa tinggal memilih makan apapun yang dijual sepanjang jalan asal isi dompetmu mencukupi J J. Tapi jika isi dompet kurang mendukung mending makan yang sudah disiapin ibu saja dirumah.

    4.   Nonton Televisi
Bagi yang suka nonton boleh juga ini dilakukan dari bengong liat jam terus, kamu bisa nonton acara-acara islami ataupun acara-acara tausiah untuk menambah pengetahuan agama juga.

     5.   Mendengarkan radio
Walaupun jaman sudah dikuasai oleh internet namun radio masih juga yang menyukainya, banyak lagu-lagu religi ataupun dakah yang disiarkan oleh radio kesayangan kamu saat menjelang berbuka.

    6.   Online
Nah, jaman sekarang sih yang orang online terutama yang muda mudi, kadang online ini juga tidak mengenal waktu dan tempat sehingga banyak orang yang menyalahgunakan internet. Jika kamu pergunakan untuk hal-hal positif saja itu sah-sah saja yang penting masih dalam batas wajar. Kalau kamu suka browsing dan online cocok ini untuk mengisi waktu ngabuburit tapi jangan lupa sekali-kali untuk liat jam agar ngak kelewatan waktu berbuka. Hehe

    7.    Mengadakan acara berbuka Bersama
Ini juga seru loh sambil mempererat kembali rasa kebersamaan baik bersama keluarga maupun bersama kawan apalagi kawan-kawan lama.

    8.   Menjual Takjil
Dari pada kamu gak ada kerjaan dari pagi sampe sore atau dari siang sampe sore mending kamu saja yang menjual takjil ya gak, selain dapat uang masuk untuk lebaran kamu dan pengeluaran kamu juga bisa diminimalisir. Banyak makan yang bisa kamu jual seperti kelapa muda dan air tebu, jika ibumu pandai membuat takjil maka kamu saja yang menjualnya.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment