6 Ilmu Yang Bisa Kamu Pelajari Jika Kamu Tidak Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Tidak melanjutkan ke perguruan tinggi bukan bermakna kamu tidak bisa bekerja seperti mereka yang pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, ada banyak ilmu yang bisa kamu pelajari untuk mendalami kemampuan kamu agar kamu bisa bekerja bahkan bisa kamu buka usaha sendiri. Nah, bagi kamu yang hanya lulus SMA dan tidak melanjutkan ke bangku perkuliahan jangan kareana banyak faktor seperti faktor ekonomi mapun faktor lainnya, jangan bersedih hati, dan juga mereka yang menempuh pendidikan formal di universitas pun belum tentu menguasai bidang yang mereka ambil.

Lalu apa bisa kamu pelajari untuk menambah kemampuanmu agar kamu bisa cari uang dengan kemampuanmu tersebut? Pertama tanyak dulu pada dirimu sendiri dan apa yang harus kamu tanyakan. Apa hobi kamu? Kamu tertarik di bidang apa? Dan bagaimana cara mempelajarinya.


Nah, setelah kamu tau kamu tertarik di bidang apa barulah kamu mempelajari bidang tersebut, karena kalau kamu mempelajari suatu bidang yang tidak kamu sukai maka kamu tidak akan bisa medalaminya karena kamu akan cepat bosan saat kamu belajar. Kemudian terapkan rasa ingin tau yang mendalam tentang bidang yang kamu sukai sehingga kamu akan terus mengasah kemampuan di bidang tersebut.

Oke di biwah ini ada beberapa bisa yang bisa kemu pelajari untuk menambah pengetahuan kamu dan kamu tinggal pilih saja salah yang sesuai dengan minatmu sendiri.

1.    Ilmu Desain
Jika kamu menyukai desain dan pandai melukis sekaligus suka berlama-lama di depan computer maka kamu sangat cocok mempelajari program-program pengolah gambar seperti Photo shop, Corel Draw, Adobe Ilustrator dan lain sebagainya. Jika kamu benar-menguasaniya kamu sangat mudah mencari pekerjaan di bidang percetakan dan periklanan, atau juga kamu bisa bekerja sebagai freelancer. Yakinlah keahlian kamu akan sangat dibutuhkan karena perusahaan membutuhkan keahlian dan bukan nilai yang tinggi semata.

2.    Web Designer atau Web Developer
Apabila kamu suka coding, perdalam saja kemampuanmu sehingga kamu benar-benar menguasai cara pembuatan website, kamu bisa mempelajari dari HTML terus CSS kemudian lanjut dengan Java Scrip, kemudian Java an PHP. Caranya kamu bisa belajar secara otodidak maupun dengan mengikuti kursus. Kamu pasti tau banyak orang sukses dan mendapatkan banyak penghasilan jika benar-benar mampu menguasai ilmu web.

3.   Mempelajari Cara Membuat Aplikasi Android
Untuk membuat aplikasi android kamu tudak musti harus lulus ilmu computer, jika kamu menyukai maka kamu juga sangat mudah menpelajarinya, ada banyak modul dan ebook di internet yang bisa kamu baca atau kamu bisa juga masuk dalam komunitas tertentu untuk belajar bersama sehingga kamu bisa langsung menanyakan kesulitan-kesulitan pada teman se-komunitas. Ada banyak orang sukses dengan membuat aplikasi android.

Dari ketiga ilmu diatas merupakan bagian dari ilmu computer, jika kamu suka dengan dunia computer maka sangat cocok untuk kamuj pelajari salah satu ilmu di atas.

4.   Mekanik
Jika ilmu diatas tadi semuanya berhubungan dengan computer maka pada point ini adalah bagian otomotif, jika kamu menyukai bidang mesin sudah pasti kamu sangat cocok untuk mendalami ilmu permesinan dengan cara bekerja di bengkel-bengkel kecil, jika kamu sudah benar mengusai kamu bisa membuka usaha perbengkelan sendiri.

5.   Service HP
Pada zaman sekarang hamper semua orang punya HP baik hp biasa maupun smartphone, kamu bisa mengikuti kursus untuk mempalajari bagaimana cara service hp baik mempelajari hardware maupun softwarenya.

6.   Dagang
Jika kamu mempunyai bakat di bidang wirauasaha sangat cocok kamu mulai dagang hal-hal kecil terlebih dahulu untuk mengumpulkan modal, kamu bisa dagang apapun yang penting kamu bisa menangkap peluang yang ada dan mengatur keuangan dengan baik.

Itulah 6 Ilmu yang bisa kamu dalami untuk menunjang pekerjaan mu kedepan, setidanya kita punya satu keahlian yang benar-benar kita kuasai agar mudah dalam mencari uang.


SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment