Ini Dia 5 Tip Untuk Mencegah Penuaan Dini

Usia seseorang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu, dengan bertambahnya usia maka akan mengikuti pada perubahan-perubahan lain pada diri seseorang. Salah satunya adalah faktor penuaan, penuaan adalah proses alami yang terjadi pada setiap orang dan tidak bisa kita menghindarinya. Namun, untuk memperlambat proses penuaan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Image via: pixabay.com

Berikut ini adalah 5 Tip yang harus dilakukan untuk mempercepat proses penuaan dini.

1. Kesehatan Mental
Mental yang tidak sehat merupakan salah satu pemicu penuan yang begitu cepat, sering merasakan sedih, cemas, susah, galau dan lain sebagainya merupakan mental yang tidak sehat sehingga membuat seseorang lebih cepat nampak tua.

Untuk menghindari rasa cemas, sedih dan lain sebagainya seperti yang disebutkan di atas tadi Anda bisa melakukan beberap hal seperti refresing atau berlibur dengan keluarga ataupin dengan rekan kerja Anda. Bersyukur apa yang Anda miliki dapat menghilankan rasa sedih dan rasa kecewa Anda yang berlebihan.

2. Mengatur Pola Makan
Pola makan yang teratur dan sehat sepertinya bukan untuk memperlambat proses penuaan saja melainkan juga untuk kesehatan secara keseluruha.

Pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi beberap faktor seperti merusak kulit, menyebabkan kerutan kerutan di wajah sampai dengan mengalami kanker. Usahkan untuk selalu konsumsi sayur dan buah yang kaya dengan anti oksidant dan vitamin.

3. Pola Tidur
Pola tidur yang buruk sangat mempengaruhi kualitas kesehatan secara umum, tidur terlalu larut malam dan bangun terlalu kesiangan dapat merusak liver alias hati. Selain mengalami efek buruk untul liver dapat juga berakibat fatal pada faktor penuaan yang semakin cepat, usahakan untuk tidur yang cukup minimal 7 - 8 jam per 24 jam. Kurang tidur juga dapat menimbulkan berupa lingkaran di bawah mata dan menggangu kesehatan secara keseluruhan.

4. Minum Alkohol
Alkohol adalah cairang yang berbahaya untuk dikonsumsi karena dapat mengganggu kesehatan. Dengan mengkonsumsi alkohol dapat mempercepat prose penuaan sebelum waktunya disamping itu juga dapat meningkatkan radikal bebas. Jika Anda masih mengkonsumsi alkohol sebaiknya Anda tinggalkan saja.

5. Radikal Bebas
Radikal bebas yang disebabkan oleh lingkungan seperti pemakaian air yang bercampur dengan bahan-bahan kimia serta faktor lain perubahan cuaca yang ektrim. Radikal bebas merupakan molukul ganas yang bisa menggoroti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayur.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment