Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi algoritma mobilegeddon

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mobilegeddon




Assalamualaikum sahabat kizeh,

Sebelumnya kizeh telah mengumumkan tentang algoritma baru ini di "Mobilegeddon : algoritma terbaru untuk mobile friendly" . Mobilegeddon adalah algoritma yang diperuntukan dan menguntungkan website atau blog yang lebih mobile friendly atau ramah perangkat mobile . Yang dimaksud ramah perangkat mobile ini yaitu apabila si A mengakses website kita dari perangkat mobile , maka website kita akan menyesuaikan tampilan dengan perangkat mobile si A tersebut .

- Google : Pertumbuhan website mobile friendly meningkat 4,7% dalam 2 bulan 


Sesudah kita tau apa yang dimaksud algoritma Mobilegeddon tersebut , lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya ? . Sebelum kita meyimpulkan apa yang harus kita lakukan ketika algoritma mobilegeddon diluncurkan , kita harus tau dahulu , kenapa google meluncurkan algoritma ini .

Mobilegeddon diluncurkan karena menurut data , penggunaan perangkat mobile pada pencarian google meningkat pesat , bahkan pada US dan jepang sudah mencapai 80% . Lalu kita dapat menyimpulkan :

1. Melakukan tracking mobile keyword .

Hampir 62% perbedaan keyword pencarian pada versi desktop dengan versi mobile . Sebaiknya sekarang sahabat melakukan investigasi terhadap keyword pencarian / queries dari versi mobile website sahabat . Tapi bagaimana cara melihat queries pencarian website kita untuk versi mobilenya ? , caranya mudah , kita tetap memakai google webmaster .

- Buka webmaster sahabat , pastikan sahabat sudah terdaftar di google webmaster "cara daftar di google webmaster" .

- Tampilan menu webmaster google sudah ada sedikit berubah , tapi tenang kizeh akan tetap update Lalu pada pilih menu Search traffic >> Search analytics >> Search queries vesi old .

Queries pencarian mobile di google webmaster
Klik untuk perbesar

- Pilih filter , dan cocokkan pengaturan sesuai gambar dibawah .

Broken link / link rusak pada versi mobile

- Maka akan keluar tampilan queries pada versi mobile untuk website sahabat , tentukan queries mana yang paling banyak dicari dan kembangkan .

Ingat !! persaingan di versi desktop sangat berbeda dengan versi mobile , apalagi setelah algoritma mobilegeddon diluncurkan . 

2. Pastikan template responsive . 

Tentunya ini adalah yang terpenting dan utama , tanpa template yang responsive maka blog kita tidak akan bisa mobile friendly dan kita termakan algoritma ini . Bagi sahabat yang memang awam tentang coding-codingan tidak usah khawatir karena semua sudah ada di internet , template responsive mobile friendly pun sudah banyak dan gratis , cari saja di google dengan keyword "template blogger terbaik" .

- Cara cek website / blog mobile friendly 

3. Buat desain se-simpel mungkin .

Jangan samakan desktop dengan mobile , pada desktop dengan layar yang lebih besar memang mudah untuk menampung semua widget sahabat , tetapi pada mobile itu akan membuat pusing si pengunjung .

Dari namanya saja sudah mobile friendly , friendly = ramah , jadi website kita harus mudah dimengerti oleh pengunjung dari perangkat mobile .Tinggalkan semua widget tidak perlu pada tampilan mobile agar tidak berantakan .

4. Maksimalkan kecepatan akses website / blog .

Sebenarnya kalau kita sudah melakukan langkah nomor tiga tadi , maka yang nomor 4 ini pasti akan mengikuti secara tidak langsung . Kecepatan akses website di mobile sebenarnya lebih lambat dari pada versi desktop , jadi kita harus usahakan kecepatan akses blog pada mobile harus secepat mungkin agar tidak ada kegelisahan dari pengunjung .

5. Cek link rusak pada versi mobile . 

Sudah kizeh katakan , versi mobile sangat beda dengan desktop , contohnya pada blogger . Pada blogger URL versi mobile menggunakan tanda ?m=1 pada akirannya , jadi url pada versi desktop dengan mobile sangatlah berbeda , jadi cobalah cek broken link dari versi mobile website sahabat .

Caranya sangat mudah , sama seperti langkah nomor 1 diatas , kita menggunkaan google webmaster , tapi menu yang digunakan beda . Pilih Crawls >> Crawls Errors >> Smartphone  , maka akan dimunculkan semua link broken versi mobile .


- Blogging mudah dengan blogger mobile

Kesimpulan 

Kita harus menyesuaikan diri pada algoritma yang google terapkan , karena hampir semua pencarian organik berasal dari mesin pencari tersebut . 

Jangan lupa berkomentar , budayakan blogwalking dan jangan lupa tolong share ke media sosial sahabat semua , share dari sahabat sangat berarti bagi blog ini .

Terima kasih 

Gambar : mobilegeddon.net dan dokumentasi pribadi //Tips mencari gambar di internet  
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment